Kota Yogyakarta pastikan ketersediaan bahan pokok aman jelang Ramadhan

id Bahan pokok, ketersediaan,pasar,yogyakarta

Kota Yogyakarta pastikan ketersediaan bahan pokok aman jelang Ramadhan

Sejumlah bahan kebutuhan pokok dijual di Pasar Beringharjo Yogyakarta. ANTARA/Eka AR

Kami pun sudah melakukan pemantauan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Yogyakarat dan TPID DIY di sejumlah pasar rakyat dan retail modern untuk memastikan ketersediaan bahan pokok aman.

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kota tersebut menjelang Ramadhan  hingga Lebaran.

“Dari hasil pemantauan, pasokan dan ketersediaan bahan pokok dan bahan penting lainnya menjelang Ramadhan tercukupi,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Rabu.

Kepastian tersebut, lanjut Yunianto, juga diperkuat dengan informasi dari Badan Urusan Logistik (Bulog) DIY yang menyatakan bahwa ketersediaan bahan kebutuhan pokok dalam kondisi aman.

Baca juga: Askrindo menyerahkan becak pustaka bertenaga listrik di Yogyakarta

Berdasarkan data Bulog DIY pada Senin (22/3/2021), stok beras di DIY mencapai 32.887 ton, gula pasir 556 ton, dan minyak goreng tersedia 5.000 liter.

“Kami pun sudah melakukan pemantauan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Yogyakarat dan TPID DIY di sejumlah pasar rakyat dan retail modern untuk memastikan ketersediaan bahan pokok aman,” katanya.

Selain memastikan jumlah persediaan bahan kebutuhan pokok mencukupi, Yunianto juga menyebut harga jual bahan kebutuhan pokok cenderung stabil, kecuali untuk komoditas cabai rawit merah yang masih melambung.

“Untuk harga bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam dan lainnya dalam kondisi stabil dan terjangkau,” katanya.

Baca juga: Polda akan perbanyak pemasangan kamera ETLE di DIY

Namun demikian, lanjut Yunianto, harga cabai rawit merah masih cukup tinggi namun sudah berangsur turun dari sebelumnya pernah menyentuh harga Rp120.000 per kilogram kini turun menjadi Rp90.000 per kg.

“Kami rutin melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan pokok di delapan pasar rakyat yang menjadi rujukan tiap Senin dan Kamis,” katanya.

Masyarakat dapat melihat perkembangan rata-rata harga bahan kebutuhan pokok di delapan pasar rakyat tersebut melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) sebagai referensi sebelum berbelanja.

Harga beras kualitas medium dijual berkisar Rp11.000 hingga Rp 11.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500 per kg, telur ayam Rp22.000 per kg, minyak goreng curah Rp13.500 per kg, daging sapi Rp120.000 per kg, dan daging ayam Rp34.000 per kg.

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar