Pemulihan dampak COVID-19 menjadi fokus Musrenbang Sleman 2022

id Bupati Sleman Kustini ,Musrenbang Sleman 2022,Pandemi COVID-19 ,Dampak pandemi COVID-19 ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Pemulihan dampak COVID-19 menjadi fokus Musrenbang Sleman 2022

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat membuka Musrenbang Sleman 2022. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Percepatan kebangkitan ekonomi dan pemulihan kondisi sosial masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 menjadi salah satu fokus pembahasan penting dalam perencanaan pembangunan tahun 2022 di Kabupaten Sleman.

"Wabah COVID-19 memberikan dampak bagi banyak sektor di Sleman. Dalam mengatasi dampak tersebut, diperlukan percepatan pemulihan ekonomi dan kondisi sosial masyarakat," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) RKPD Tahun 2022 di Sleman, Senin.



Menurut dia, wabah COVID-19 ini memaksa semua level pemerintahan, baik pusat maupun daerah untuk melakukan koreksi terhadap rencana pembangunan yang telah ditetapkan.

"Perubahan rencana pembangunan tersebut merupakan penyesuaian rencana sebagai bentuk adaptasi terkait perlunya penanganan COVID-19 dan keharusan tetap menjalankan pembangunan," katanya.

Ia mengatakan perlu adanya penyesuaian yang tepat dan kebijakan yang terukur dalam menangani pandemi COVID-19.

"Penyesuaian yang tepat dan kebijakan yang terukur dalam menangani pandemi COVID-19, kita harapkan akan menjadi titik awal untuk pemulihan," katanya.

Pemulihan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat Sleman yang dimaksud dalam perencanaan pembangunan tahun 2022, yaitu meliputi penguatan modal bagi pelaku UMKM terdampak, pelatihan untuk menghasilkan nilai tambah atau pendapatan.

Selain itu, kegiatan padat karya, menjaga ketersediaan pangan, memulihkan kunjungan wisatawan, membangun kembali jejaring pasar untuk produk pelaku usaha, dan mengefektifkan penyediaan jejaring pengaman sosial bagi masyarakat terdampak.



Kustini mengatakan dalam mewujudkan pemulihan kondisi tersebut, pemerintah daerah juga mendorong partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan di lingkungan Kabupaten Sleman untuk berembug bersama, memformulasikan rencana pembangunan tahun 2022.

"Melalui upaya-upaya bersama ini, diharapkan kegiatan pembangunan di Sleman tahun 2022 benar-benar sesuai dengan kebutuhan, permasalahan dan aspirasi masyarakat," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024