Bupati Sleman meninjau proyek pelebaran Jalan Gito Gati

id Bupati Sleman Kustini ,Pelebaran jalan gito gati,Jalan gito gati,Kabupaten Sleman ,Sleman

Bupati Sleman meninjau proyek pelebaran Jalan Gito Gati

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Wakil Bupati Danang Maharsa meninjau pelalsanaan proyek pelebaran dan peningkatan ruas Jalan Gito Gati. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Wakil Bupati Danang Maharsa didampingi Kepala Bidang Bina Marga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meninjau proyek pelebaran dan peningkatan ruas Jalan Gito Gati di Denggung, Sleman, Selasa.

"Peninjauan ini untuk melihat langsung di lapangan pelaksanaan proyek pelebaran Jalan Gito Gati yang dibiayai Pemerintah Provinsi DIY," kata Kustini Sri Purnomo.

Ia mengatakan proyek pelebaran jalan provinsi tersebut diharapkan dapat berjalan sesuai rencana tepat waktu dan tepat mutu sehingga jalan menjadi lebih lebar untuk menunjang kelancaran lalu lintas.

"Pemkab Sleman mendukung program pelebaran dan peningkatan jalan dari Pemerintah Provinsi DIY tersebut. Jalan tersebut diharapkan dapat melancarkan aktivitas masyarakat, terutama aktivitas ekonomi sehingga tercipta kemakmuran," katanya.

Kepala Bidang Bina Marga Provinsi DIY Bambang Sugaib mengakui jalan tersebut sangat memprihatinkan dan sudah sejak lama tidak mendapat penanganan.

"Dengan kondisi jalan yang memprihatinkan, pada  tahun 2020 menjadi prioritas melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) di Pemda DIY. Jalan Gito Gati selama ini cukup padat kendaraan dan merupakan salah satu akses ke komplek Pemkab Sleman maupun aktivitas ekonomi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan melalui anggaran tahun 2021 Dinas PUP ESDM DIY menangani perluasan Jalan Gito Gati sepanjang satu kilometer dari total panjang jalan 2,5 kilometer.

Proyek perluasan Jalan Gito Gati tahun ini dimulai dari simpang empat Denggung ke arah timur kurang lebih berakhir di perempatan Masjid Suciati. Waktu pelaksanaan dimulai dari 23 Februari 2021 sampai dengan akhir Juli 2021.

"Pengerjaan meliputi peningkatan serta pelebaran yang semula lebar jalan 9 meter menjadi 11 meter, sebelah kiri kanan akan dibuat drainase. Kemudian sebelah timur Jembatan Denggung ke arah timur sampai sebelah timur Masjid Suciati yang semula lebar jalan 7 meter akan dilebarkan menjadi 9 meter," katanya.

Menurut dia, selama pengerjaan proyek pihaknya tidak menutup secara penuh penggunaan Jalan Gito Gati. "Penutupan jalan untuk kendaraan dilakukan situasional, sehingga diupayakan tidak harus ditutup sepenuhnya," katanya.

Menurut dia, untuk proyek pelebaran jalan tersebut tidak ada lahan warga yang diganti untung.

"Lahan pemerintah yang tersedia cukup untuk pelebaran jalan tidak ada lahan warga yang diganti untung," katanya.

Ia mengatakan, langkah awal pengerjaan proyek dengan melakukan penebangan pohon-pohon besar yang tumbuh di sepanjang ruas jalan Gito Gati baik di kanan maupun kiri jalan.

"Pohon yang dipotong akan diganti dengan pohon yang direkomendasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024