Bupati mengharapkan pembangunan 2022 prioritas pulihkan ekonomi masyarakat

id Pemkab Bantul

Bupati mengharapkan pembangunan 2022 prioritas pulihkan ekonomi masyarakat

Kantor Pemkab Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengharapkan program pembangunan yang diusulkan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2022 tetap memprioritaskan pada upaya pemulihan ekonomi masyarakat dampak pandemi COVID-19.

Bupati Bantul di Bantul, Selasa mengatakan bahwa pada tahun 2022 dengan asumsi pandemi wabah COVID-19 sudah bisa diatasi dan penularan diharapkan semakin menurun, namun dampaknya masih dirasakan masyarakat.

"Karena itu saya berharap program dan kegiatan yang diusulkan tahun 2022 harus bersifat integratif dan menyeluruh untuk mendorong pemulihan ekonomi dan sosial masyarakat," kata Bupati saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 di Bantul.

Bupati Bantul mengatakan berbagai permasalahan dan tantangan di Bantul yang masih menjadi perhatian serius dan memerlukan penanganan secara terintegrasi antara lain adalah perihal kualitas pendidikan dan tenaga pendidik yang belum merata.

"Selanjutnya ketimpangan wilayah dan pendapatan, tingginya angka kemiskinan, kualitas industri kreatif yang belum optimal, tingginya alih fungsi lahan pertanian serta pelayanan publik dan penanganan bencana yang belum optimal," katanya.

Oleh karena itu, melalui Musrenbang RKPD Tahun 2022 dengan tema "Penguatan Produk Unggulan Yang Didukung SDM (Sumber Daya Manusia) dan Insfrastruktur Berkelas" ini berpesan agar pelaksanaan pembangunan yang baik haruslah dimulai dari perencanaan yang baik pula oleh OPD.

"Karena itu saya mengajak segenap komponen dan pemangku kepentingan di Bantul untuk bersama-sama melakukan akselerasi pembangunan guna mendukung terwujudnya masyarakat Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan," katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bantul Isa Budi Hartomo disela Musrenbang RKPD 2021 mengatakan Musrenbang ini merupakan forum tahunan yang menjadi tahapan penting dalam proses perencanaan daerah.

"Musrenbang dilaksanakan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan daerah berdasarkan hasil telaah pada isu strategis, permasalahan dan tantangan untuk mewujudkan keselarasan prioritas penbangunan pusat dan daerah, serta pembangunan menyeluruh dan terintegrasi," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar