Pemkab Bantul vaksinasi COVID-19 di lingkungan Ponpes Krapyak

id Vaksinasi COVID-19,ponpes krapyak

Pemkab Bantul vaksinasi COVID-19 di lingkungan Ponpes Krapyak

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyaksikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi warga di lingkungan Ponpes Al Munawir Krapyak, Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul. Rabu (31/3/2021) (Foto ANTARA/HO/Humas Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai melakukan vaksinasi COVID-19 atau penyuntikan Vaksin Sinovac bagi warga di lingkungan Pondok Pesantren Al Munawir Krapyak Kulon, Desa Panggungharjo.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bantul Sri Wahyu Joko Santoso di Bantul, Rabu mengatakan vaksinasi ini sebagai salah satu langkah percepatan vaksinasi sektor pendidikan guna menjamin kesehatan serta keamanan dalam proses belajar mengajar di lingkungan ponpes.

"Ini kami siapkan agar ponpes sebagai pusat pendidikan berbasis agama dapat segera melakukan proses belajar mengajar dengan aman," katanya dalam siaran pers Pemkab Bantul disela pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Ponpes Al Munawir Bantul.

Menurut dia, ada sebanyak sekitar 200 warga pondok pesantren di Kecamatan Sewon itu yang mendapatkan suntik vaksin pada tahap pertama ini, mereka di antaranya kyai, nyai, pengurus pondok pesantren serta santri pada salah satu ponpes terbesar di Bantul tersebut.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih yang hadir secara langsung dan menyaksikan prosesi vaksinasi COVID-19 di lingkungan ponpes tersebut merasa sangat bersyukur dan menyambut baik terselenggaranya tersebut.

“Semoga dengan pelaksanaan vaksinasi ini dapat memberikan rasa aman bagi pengurus maupun santri dalam melaksanakan kegiatan sehari - hari,” kata Bupati Bantul.

Pembina dan Pengasuh Pondok Pesantren Al Munawir Krapyak KH. R. Chaidar Muhaimin Afandi yang turut ikut dalam vaksinasi COVID-19 mengajak semua masyarakat untuk tidak takut divaksin sesuai anjuran pemerintah, apalagi Fatwa MUI menyebut vaksin ini halal dan aman.

"Saya berharap agar program vaksinasi ini dapat berlangsung dengan cepat agar menyasar kyai-kyai yang lain juga. Saya juga mengajak masyarakat secara umum untuk tidak takut divaksin karena vaksin ini bukan asal-asalan, aman, dan juga halal," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024