Mutakhirkan data pertanian, Polbangtan Yoma selenggarakan Rakor Progres Laput Pertanian

id polbangtan

Mutakhirkan data pertanian, Polbangtan Yoma selenggarakan Rakor Progres Laput Pertanian

Rakor Progres Laporan Utama (Laput) Pertanian di Kabupaten Temanggung (HO-Humas Polbangtan Yoma)

Yogyakarta (ANTARA) - Dalam rangka mendukung program Satu Data Pertanian yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian, Politeknik Pembanguan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma) menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Progres Laporan Utama (Laput) Pertanian di Kabupaten Temanggung pada Selasa (30/3).

Rakor dihadiri oleh Kepala UPPM Polbangtan Yoma dan jajarannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) beserta jajarannya, dan Koordinator Penyuluh se-Kabupaten Temanggung.

Acara yang diselenggarakan di Aula DKPPP Temanggung tersebut merupakan salah satu bagian dari program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani).

Endah Puspitojati yang bertindak mewakili Direktur Polbangtan Yoma menerangkan bahwa Kostratani merupakan unit terkecil namun berperan sebagai simpul sekaligus pusat koordinasi kegiatan pembangunan pertanian.

Pada kesempatan yang sama, Endah menekankan pentingnya Balai Penyuluh Pertanian (BPP) tingkat kecamatan yang sekaligus berperan sebagai Kostratani memiliki sifat proaktif.

Menurut dia, melalui Kostratani inilah dihimpun data-data pertanian yang akan dijadikan sebagai dasar penentuan kebijakan.

"Kostratani perannya sangat penting, hasil kerja bapak ibu menghimpun data akurat yang dituangkan dalam Laput Pertanian ini akan mempengaruhi nasib petani binaan BPP setempat," kata Endah.

Data-data Laput Pertanian merupakan instrumen untuk menghimpun data dan laporan capaian program-program utama Kementerian Pertanian dari ngkat kecamatan yang dilaporkan BPP Kostratani ke Agriculture War Room (AWR) yang ada di Kantor Pusat Kementan, Jakarta.

Dedi Nursyamsi selaku Kepala Badan PPSDMP yang bertanggung jawab atas program tersebut mengatakan BPP segera menuntaskan Laput Pertanian agar program lainnya dapat segera berjalan.

"Laput Pertanian menjadi dasar alokasi pupuk, benih, obat-obatan, dan sebagainya. Akurasinya sangat vital. Dampaknya buruk kalau sampai salah," kata Dedi.

Mengacu instruksi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, data yang diinput dalam Laput meliputi ketersediaan komoditas strategis, jumlah penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR), peningkatan ekspor, penurunan loses, angka stunting, jumlah petani milenial, SDM Pertanian, dan jumlah kegiatan yang dilaksanakan oleh BPP Kostratani. Data-data tersebut kemudia diunggah pada laman website laporanutama.pertanian.go.id.

Pada kegiatan rakor tersebut, data yang diinput oleh BPP wilayah Kabupaten Temanggung yaitu data produktivitas komoditas padi, jagung, dan kedelai, data luas tanam, luas panen, dan data jumlah alsintan.

Turut hadir dalam acara itu yakni Kepala DKPPP Temanggung Joko Budi Nuryanto yang menyampaikan pesan pada seluruh perwakilan BPP wilayah Temanggung yang hadir agar menjalankan amanah dengan baik dan selalu melaporkan data Laput secara rutin berkala.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar