Bantul vaksinasi lansia setelah calon jamaah haji lansia

id Dinkes Bantul

Bantul vaksinasi lansia setelah calon jamaah haji lansia

Pelaksaan vaksinasi COVID-19 massal bagi calon jamaah haji lansia Bantul di Dinas Kesehatan Bantul, DIY. Selasa (6/4/2021) (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia daerah ini setelah menyelesaikan penyuntikan Vaksin Sinovac bagi calon jamaah haji lansia yang diluncurkan pada Selasa ini.

"Jumlah lansia se-Bantul sekitat 130-an ribu orang, setelah 'launcing' vaksinasi calon jamaah haji lansia ini kita akan mulai untuk lansia di Bantul," kata Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharjo disela vaksinasi COVID-19 calon jamaah haji lansia di Bantul, Selasa.

Menurut dia, vaksinasi tahap pertama bagi calon haji lansia Bantul dilaksanakan selama dua hari pada 6 dan 7 April dengan sasaran hampir 400 orang, sedangkan vaksinasi kedua dilakukan setelah 28 hari ke depan, ini agar calon jamaah haji lansia siap berangkat pada 2021.

Dia mengatakan, sementara untuk lansia pada umumnya, pemberian vaksin akan dilakukan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) masing-masing, guna kepentingan vaksinasi ini, pihaknya sudah melakukan pendataan melalui petugas maupun melayani pendaftaran lansia secara daring.

"Jadi nanti beda dengan lansia ini, karena vaksinasi lansia akan dilaksanakan di puskesmas, supaya mereka dekat dari tempat tinggalnya," katanya.

Dia mengatakan, vaksinasi lansia di puskesmas karena kondisi lansia yang membutuhkan penanganan khusus dan pemeriksaan dan sebagainya yang tentu prosesnya menjadi lama, kemudian menuggu kehadiran yang lama akan diatur.

"Katakanlah 50 sampai 100 orang lansia per puskesmas, sehingga sehari bisa sekitar seribu orang (17 kecamatan). Nanti kita atur sasaran per puskesmas, tapi sekali lagi karena vaksin ini datangnya bertahap, jadi akan kita sesuaikan," katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Bantul Abednego Dani Nugroho mengatakan, bahwa vaksinasi calon jamaah haji lansia ini diharapkan bisa menjadi momentum bagi daerah dalam memprioritaskan lansia untuk pelaksanaan vaksinasi.

"Harapannya vaksinasi calon jamaah lansia ini bisa menjadi momentum kita melakukan prioritas kepada lansia seluruhnya. Dan nanti akan kita buka bertahap menyesuaikan ketersediaan vaksin, jadi seluruh lansia Bantul akan dipanggil untuk divaksin di puskesmas," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar