Dinkes Sleman berupaya mempercepat vaksinasi COVID-19 pada warga lansia

id vaksinasi lansia sleman,vaksinasi covid sleman,covid sleman

Dinkes Sleman berupaya mempercepat vaksinasi COVID-19 pada warga lansia

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga lansia di RSUD Sleman. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman)

Sleman (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada warga lanjut usia (lansia), warga yang berusia 60 tahun ke atas.

"Ini dilakukan karena mengingat lansia merupakan salah satu kelompok paling rentan terhadap penularan COVID-19," kata Pelaksana Harian Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Atikah Nurhesti di Sleman, Jumat.

Atikah menjelaskan bahwa pelayanan vaksinasi bagi warga lansia yang sudah mendaftar untuk menjalani vaksinasi tersedia di puskesmas, yang juga bekerja sama dengan instansi lintas sektor di wilayah kerjanya untuk mendata warga lansia yang belum mendapat vaksinasi.

"Pendataan ini terutama bagi lansia yang berdomisili di Sleman namun belum mendapatkan vaksin," katanya.

Berdasarkan hasil pendataan tersebut, ia menjelaskan, targetnya pada 16 April 2021 bisa dilakukan pemetaan fasilitas pelayanan vaksinasi bagi warga lansia di 24 rumah sakit, 25 puskesmas, serta fasilitas layanan vaksinasi secara massal.

"Langkah ini dilakukan guna percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi lansia," katanya.

"Kami optimistis mampu segera menyelesaikan vaksinasi terhadap lansia, yang diharapkan selesai akhir Mei 2021," ia menambahkan.

Namun demikian dia menyampaikan bahwa kecepatan pelayanan vaksinasi juga tergantung pada ketersediaan vaksin COVID-19 di daerah.

Atikah mengimbau warga lansia di Sleman disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan diri. "Serta mengelola penyakit tidak menular yang diderita agar siap divaksin COVID-19," katanya.

Warga Sleman yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan vaksinasi dapat menghubungi Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman lewat nomor telepon 0274 868409 atau puskesmas di wilayah domisili.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024