Lansia Yogyakarta yang terdaftar vaksinasi COVID-19 diminta segera ke faskes

id vaksinasi,lansia,yogyakarta

Lansia Yogyakarta yang terdaftar vaksinasi COVID-19 diminta segera ke faskes

Ilustrasi - Vaksinasi untuk lansia di Kota Yogyakarta (HO-Humas Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Warga lanjut usia Kota Yogyakarta yang sudah melakukan pendaftaran vaksinasi COVID-19 melalui yogyakarta.kemkes.go.id dan sudah memiliki status siap vaksin di laman peduli lindungi diminta untuk segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat yang melayani vaksinasi.

“Cukup menunjukkan KTP yang sesuai di fasilitas kesehatan (faskes) terdekat sesuai jam layanan. Kuota vaksin disesuaikan dengan kemampuan masing-masing faskes,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani di Yogyakarta, Sabtu.

Fasilitas layanan kesehatan di Kota Yogyakarta yang melayani vaksinasi COVID-19 sebanyak 13 rumah sakit, seluruh (18) puskesmas di Yogyakarta, dan satu klinik.

Sebanyak 13 rumah sakit tersebut adalah RS Jogja, Panti Rapih, RS Bethesda, PKU Muhammadiyah, Siloam, Pratama, RSI Hidayatullah, Happy Land, Ludira Husadatama, Bethesda Lempuyangwangi, DKT, RSKIA PKU Muhammadiyah, RSKIA Rachmi dan di klinik Hi-Lab.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta memberikan penjadwalan untuk vaksinasi lansia melalui corona.jogjakota.go.id, namun saat ini tidak ada lagi penjadwalan di laman tersebut dan warga lansia bisa datang ke faskes terdekat.

“Bagi warga lansia yang belum mendaftar, maka segera mendaftar di laman yogyakarta.kemkes.go.id,” kata Emma.

Ia menambahkan, Kota Yogyakarta saat ini tengah melakukan percepatan untuk menuntaskan vaksinasi bagi warga lansia karena dinilai rentan terpapar virus Corona sehingga harus diprioritaskan.

Selain di fasilitas layanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta juga berencana menggelar vaksinasi massal untuk lansia sebanyak empat kali yaitu 23 dan 24 April, serta 7 dan 8 Mei.

Kegiatan akan dilakukan sore hari yaitu pukul 15.30-17.30 WIB dan 18.30-20.30 WIB dipusatkan di Graha Pandawa Kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Sasaran kegiatan vaksinasi massal adalah lansia dari 45 kelurahan dan pengantar. Tiap kelurahan akan memperoleh kuota 50 orang peserta vaksinasi sudah termasuk pengantar.

Satu pengantar yang mengantarkan minimal dua warga lansia akan memperoleh kesempatan untuk mendapat vaksinasi.

“Nanti akan diberikan undangan dan diharapkan dapat datang tepat waktu,” katanya.

Pelaksanaan vaksinasi di tiap fasilitas kesehatan tetap akan dilakukan sesuai waktu layanan yang sudah ditetapkan pada saat vaksinasi lansia tersebut.*
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar