Gunung Kidul akan bangun jalur lingkar Pantai Sepanjang atasi kemacetan

id Panjang Sepanjang,Gunung Kidul,Bupati Gunung Kidul

Gunung Kidul akan bangun jalur lingkar Pantai Sepanjang atasi kemacetan

Bupati Gunung Kidul Sunaryanta meninjau Pantai Sepanjang. (Foto ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunung Kidul)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun jalan lingkar Pantai Sepanjang menuju dan jalan tembus Kemadang-Sepanjang dalam rangka mengurai kemacetan menuju wisata pantai saat liburan di wilayah ini.

Bupati Gunung Kidul Sunaryanta di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan dirinya sudah meninjau lokasi jalan lingkar Pantai Sepanjang dan jalan alternatif Kemadang menuju Pantai Sepanjang.

"Objek wisata pantai yang pada masa liburan selalu dihadapkan dengan masalah kemacetan karena berbagai faktor selain jalan sempit. Dapat diantisipasi dengan pengalihan jalan dan jalur alternatif. Untuk itu, kami berharap pembangunan jalan tersebut dapat sedikit mengurai kemacetan dan memperlancar arus lalu lintas jalur pantai sehinga para wisatawan dapat lebih nyaman," kata Sunaryanta.

Ia mengatakan jalan yang diproyeksikan sebagai jalan alternatif ini sebelumnya telah dilakukan pembebasan tanah sejauh satu kilometer. Jalan tersebut sangat strategis untuk percepatan pengembangan Pantai Sepanjang supaya dikunjungi wisatawan. Selain itu, akan menjadi daya tarik bagi calon investor untuk mengembangkan kawasan Pantai Sepanjang.

"Kami berkomitmen membangun infrastruktur jalur wisata, sehingga wisatawan tidak mengalami persoalan dalam berkendara. Selain itu untuk mendongkrak pertumbuhan investasi di sektor wisata di Gunung Kidul," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunung Kidul Eddy Praptono mengatakan pihak akan segera membangun ruas jalan tersebut.

"Jalan tembus Kemadang-Sepanjang dan lingkar Sepanjang semoga ke depan bisa terlaksana," katanya.