24.000 lansia di Yogyakarta sudah menjalani vaksinasi COVID-19

id vaksinasi,lansia,yogyakarta

24.000 lansia di Yogyakarta sudah menjalani vaksinasi COVID-19

Ilustrasi - Vaksinasi untuk lansia di Yogyakarta (HO-Humas Pemkota Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Program vaksinasi untuk warga lanjut usia di Kota Yogyakarta yang dicanangkan sejak akhir Februari terus bergulir dan hingga saat ini sudah lebih dari 24.000 warga lanjut usia yang memperoleh suntikan dosis pertama vaksin COVID-19.

"Program vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) memang menjadi prioritas, selain menyelesaikan vaksinasi untuk guru dan pelayan publik," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani di Yogyakarta, Selasa.

Berdasarkan data, hingga saat ini sudah ada 24.262 warga lansia yang mendapat suntikan vaksinasi dosis pertama dan 11.578 warga yang sudah menuntaskan vaksinasi dengan memperoleh suntikan dosis kedua.



Total target vaksinasi untuk warga lansia di Kota Yogyakarta mencapai 46.440 orang, namun hingga saat ini sudah ada sekitar 60.000 lansia yang mendaftar.

Pelaksanaan vaksinasi untuk lansia, lanjut Emma, akan dipercepat dengan menggelar vaksinasi massal sebanyak empat kali selama bulan Ramadhan. Kegiatan vaksinasi massal tersebut akan dipusatkan di kompleks Balai Kota Yogyakarta pada sore hari dan malam hari.

Vaksinasi massal untuk lansia akan dilakukan pada 23-24 April dan pada 7-8 Mei yang digelar pukul 15.30-17.30 WIB serta pukul 18.30-20.30 WIB.

Sasaran akan ditetapkan oleh kelurahan, yaitu ditujukan untuk warga lansia yang sudah mendaftar tetapi belum melakukan vaksinasi. Total sasaran per kelurahan adalah 50 orang sudah termasuk pengantar. Di Kota Yogyakarta terdapat 45 kelurahan.

"Setiap pengantar yang mengantar minimal dua orang lansia berhak mendapat vaksinasi," kata Emma.

Saat kegiatan vaksinasi massal dilakukan, layanan vaksinasi di Puskesmas, rumah sakit, dan klinik tetap berjalan. Saat ini, vaksinasi untuk lansia dilayani di 13 rumah sakit, 18 Puskesmas dan satu klinik.

"Bulan puasa juga tidak mempengaruhi jumlah warga yang mengakses vaksin di fasilitas pelayanan kesehatan. Sehari rata-rata sekitar 1.000 orang yang divaksin," katanya.



Jika sebelumnya jarak suntikan dosis pertama dan kedua ditetapkan 14 hari kecuali 28 hari untuk lansia, saat ini rentang waktu vaksinasi ditetapkan seragam untuk seluruh penerima, yaitu 28 hari.

"Vaksin yang digunakan di Kota Yogyakarta tetap Sinovac, termasuk untuk kegiatan vaksinasi bagi calon jamaah haji yang juga bergulir hari ini," kata Emma.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar