Gunung Kidul mengandalkan kunjungan wisatawan lokal saat libur Lebaran

id libur lebaran,objek wisata,Dispar Gunung Kidul,Gunung Kidul

Gunung Kidul mengandalkan kunjungan wisatawan lokal saat libur Lebaran

Objek wsata pantai di Gunung Kidul. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengandalkan kunjungan wisatawan lokal pada libur Lebaran 2021 untuk menggerakan ekonomi masyarakat karena adanya larangan mudik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gunung Kidul Drajad Ruswandono di Gunung Kidul, Sabtu, mengatakan pemkab berupaya menggerakkan perekonomian masyarakat tidak berhenti dengan memaksimalkan potensi wisata di wilayah ini, di sisi lain pemkab juga menekan angka penyebaran COVID-19 di Gunung Kidul.

"Berdasarkan koordinasi dengan pelaku usaha wisata, mereka menantikan momentum libur lebaran untuk memulihkan perekonomian. Gunung Kidul sebagai tujuan wisata setiap libur lebaran destinasi wisata selalu dipadati pengunjung. Lebaran ini akan dimanfaatkan seoptimal mungkin mendongkrak kunjungan wisatawan lokal," kata Drajad.

Namun demikian, ia meminta pengunjung dan pengelola mentaati protokol kesehatan. Pergerakan lokal tetap harus bangkit supaya nanti jangan sampai ekonomi masyarakat pelaku usaha sudah ditunggu menjadi tidak bergerak.

"Kita bangkitkan ekonomi dari sektor pariwisata, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono mengatakan pihaknya akan menyiapkan personel untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan pada libur lebaran nanti. Dispar akan memaksimalkan pengunjung lokal DIY selama libur lebaran, dengan catatan harus tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak antar pengunjung.

"Kami tetap melakukan pembatasan pengunjung yakni 50 persen dari total kapasitas destinasi. Namun kami juga menyiapkan personel tambahan mengantisipasi lonjakan pengunjung saat libur lebaran nanti," kata Harry.

Ia juga memastikan tidak akan ada pemeriksaan dokumen kepada pengunjung saat masuk destinasi wisata. "Kami sudah tidak akan melakukan pemeriksaan dokumen karena sudah ada penyekatan dari instansi lain di pintu masuk DIY," kata dia.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar