Pemkab Sleman menguji kandungan takjil di area Stadion Maguwoharjo

id Uji makanan takjil ,Bupati Sleman Kustini ,BPOM Yogyakarta ,Makanan takjil ,Sleman ,Kabupaten Sleman

Pemkab Sleman menguji kandungan takjil di area Stadion Maguwoharjo

Pemkab Sleman bekerja sama dengan BPOM Yogyakarta melakukan uji makanan takjil di pasar tiban kawasan Stadion Maguwoharjo. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta melakukan tinjauan pangan buka puasa di area Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Rabu sore.

Kegiatan pemantauan kandungan makanan takjil ini dihadiri Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo beserta jajaran.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu menerapkan hidup sehat.

Menurut dia menu takjil atau berbuka puasa harus terhindar dari zat-zat yang dapat membahayakan bagi tubuh.

"Ini tadi sudah diuji hasilnya semua negatif. Ini artinya masyarakat sudah sadar akan pentingnya hidup sehat," katanya.

Ia berharap hasil ini dapat dipertahankan oleh para pedagang takjil di Kabupaten Sleman. Hal ini penting demi terhindar dari berbagai macam penyakit yang ditimbulkan dari kandungan berbahaya dari makanan tersebut.

Sementara petugas dari BPOM Yogyakarta Dewi Prawitasari, Apt. M.Kes mengatakan bahwa pihaknya melakukan uji sampel pada 38 jenis makanan takjil yang dijual di tempat tersebut. Dari 38 sampel makanan yang diuji tersebut hasilnya negatif dari kandungan pengawet dan pewarna makanan yang berbahaya.

"Tadi sudah kami lakukan uji kandungan pada beberapa makanan, seperti cilok, arum manis, minuman berwarna dan lain-lain, semuanya hasilnya negatif," katanya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sleman juga memberikan edukasi kepada masyarakat yang tidak mengenakan masker sekaligus memberikan masker untuk digunakan.

Hadir pula pada kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo, Kepala Dinas Perindag Sleman Mae Rusmi Suryaningsih dan Camat Depok, Abu Bakar.
 
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar