Bupati Bantul harap alsintan tarik minat generasi muda geluti usaha pertanian

id Alsintan

Bupati Bantul harap alsintan tarik minat generasi muda geluti usaha pertanian

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih bersama pejabat Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul, serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY saat penyerahan bantuan alsintan kepada kelompok tani Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mengharapkan bantuan alat mesin pertanian kepada kelompok tani setempat dapat menarik minat generasi muda untuk terjun menggeluti usaha bidang pertanian.

"Semoga dengan keberadaan alsintan akan dapat menarik minat generasi muda untuk terjun di bidang pertanian sekaligus mengurangi masalah regenerasi sumber daya manusia (SDM) pertanian," kata Bupati dalam acara Penyerahan Bantuan Alsintan kepada kelompok tani Bantul, Kamis.

Bantuan alsintan berasal dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DIY dan Dana Pusat Kementerian Pertanian RI yang diserahkan kepada kelompok tani Bantul itu terdiri dari traktor, power threser, dan pompa air.

Bupati mengatakan dengan SDM pertanian yang muda dan kreatif disertai alsintan tersebut juga diharapkan mampu menjadikan Kabupaten Bantul sebagai salah satu daerah yang maju, mandiri, dan sejahtera berbasis pertanian agrobisnis.

Apalagi, kata Bupati, salah satu prioritas pembangunan yang menjadi fokus Pemkab Bantul yaitu pembangunan di bidang pertanian, karena peran dan posisi pertanian adalah penyangga utama penyediaan pangan, dan juga akan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Hal ini karena langsung berkaitan dengan petani yang merupakan bagian terbesar masyarakat Kabupaten Bantul, Pemkab Bantul ingin kelompok tani mendapatkan keuntungan, kesejahteraan dan ekonomi yang lebih baik dibandingkan sebelumnya," katanya.

Oleh karena itu, Bupati berharap jalinan kolaborasi dan sinergitas antara Pemkab Bantul dengan Pemda DIY di bidang pertanian makin baik dalam rangka memastikan petani terfasilitasi dengan baik mulai dari benih, pupuk, bibit, irigasi sampai ke pemasaran hasil pertanian.

Bupati juga mengatakan bahwa tantangan dan masalah yang dihadapi dalam meningkatkan pembangunan pertanian ke depan semakin berat, sehingga diperlukan terobosan maupun inovasi bidang pertanian dengan sinergi pihak terkait dan pemerintah.

"Mengingat beberapa hal seperti perubahan iklim, alih fungsi lahan, dan masih terbatasnya sarana prasarana infrastruktur dan penerapan teknologi pertanian, kita harus lebih berperan aktif dalam melakukan terobosan di bidang pertanian," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar