Jembatan baru GL Zoo dioperasionalkan lalu lintas lancar

id jembatan GL Zoo,operasional,lalu lintas, yogyakarta

Jembatan baru GL Zoo dioperasionalkan lalu lintas lancar

Operasional jembatan baru GL Zoo Yogyakarta (Antara/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Setelah sempat tertunda selama beberapa hari untuk menyempurnakan persiapan teknis, jembatan baru GL Zoo Yogyakarta, Kamis, mulai dibuka untuk dilintasi kendaraan dan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menyebut arus lalu lintas berjalan cukup lancar.

"Sempat terjadi sedikit hambatan arus lalu lintas dari selatan yang akan masuk jembatan baru. Mungkin masih belum terbiasa. Tetapi, lama kelamaan arus lalu lintas bisa mengalir lancar," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, operasional jembatan baru tersebut tidak akan menyulitkan pengguna jalan tetapi justru dapat meningkatkan kelancaran arus lalu lintas. Hanya saja, membutuhkan waktu untuk pembiasaan bagi pengguna jalan.

Jembatan baru GL Zoo digunakan untuk kendaraan yang melintas dari arah timur ke barat saja, sedangkan jembatan lama yang berada tepat di sebelah utara jembatan baru hanya akan digunakan umtuk kendaraan dari arah barat ke timur.

"Kami akan menambah fasilitas untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan, yaitu speed trap atau atau pita penggaduh agar pengguna jalan menurunkan kecepatan," katanya.

Pita penggaduh tersebut rencananya dipasang atau ditempatkan di sisi timur jembatan baru karena kendaraan dari arah timur cenderung dipacu lebih cepat bila dibanding kendaraan dari arah barat karena kontur jalan yang turun.

"Akan dipasang di sebelum jembatan yaitu sebelum pertemuam antara arus kendaraan dari timur dan selatan. Pertemuan dua arus kendaraan ini yang perlu diantisipasi," katanya.

Guna mendukung operasional jembatan baru, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga melakukan penyesuaian aturan di dua kaki simpang SGM yang sebelumnya memperbolehkan kendaraan untuk langsung berbelok ke kiri.

"Kendaraan yang akan berbelok ke kiri, baik dari arah timur dan utara diharuskan mengikuti isyarat lampu lalu lintas. Tidak boleh lagi belok kiri langsung," katanya.

Selain itu, juga diberlakukan aturan bagi kendaraan dari arah selatan atau Jalan Kebun Raya tidak boleh lagi berbelok ke kanan, begitu pula dengan kendaraan dari arah barat dilarang berbelok ke selatan masuk ke Jalan Kebun Raya.

Agus mengatakan, akan terus melakukan evaluasi is terhadap operasional jembatan baru GL Zoo. "Jika nantinya dibutuhkan tambahan rambu atau penyesuaian lain untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas, tentu akan kami lakukan," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar