BNI Mobile Banking menjadi aplikasi penyedia jasa perbankan terbaik

id BNI,BNI mobile banking,layanan digital,transformasi digital

BNI Mobile Banking menjadi aplikasi penyedia jasa perbankan terbaik

Ilustrasi - Nasabah memanfaatkan transaksi digital melalui ponsel atau mobile banking BNI. ANTARA/Dewa Wiguna.

Jakarta (ANTARA) - Layanan BNI Mobile Banking yang dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (BNI) terpilih sebagai aplikasi penyedia jasa perbankan terbaik diantara perbankan nasional lainnya.

Pengakuan tersebut diberikan oleh survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2021 yang diselenggarakan oleh Marketing Research Indonesia (MRI). Berbagai fitur dalam aplikasi itu dinilai BSEM sebagai layanan digital unggul.

"BNI Mobile Banking merupakan salah satu Product Champion yang kami perkuat dalam program transformasi digital kami," kata Corporate Secretary BNI Mucharom di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan beberapa fitur terbaik pada BNI Mobile Banking seperti fitur pembukaan rekening secara digital dengan pengenalan wajah atau face recognition, telah menjadi alternatif yang efektif bagi nasabah baru.

BNI Mobile Banking, tambah dia, juga tangguh dalam melayani masyarakat untuk bertransaksi secara non tunai atau cashless maupun contactless transactions, serta branchless banking.

Layanan digital ini juga tidak kalah dengan perusahaan jasa keuangan digital, karena BNI Mobile Banking menanamkan fitur baru yang memungkinkan pemesanan reksadana dan obligasi ritel secara mobile.

"Beragam keunggulan tersebut membawa BNI menduduki posisi teratas dalam Kategori Performa Terbaik Mobile Banking 10 Bank Tahun 2020-2021 dari BSEM 2021," kata Mucharom.

Menurut dia, pencapaian ini didukung oleh jumlah pengguna BNI Mobile Banking yang sudah mencapai 8,56 juta pada triwulan I-2021 atau tumbuh 58,4 persen dibandingkan periode sama 2020 sebesar 5,41 juta nasabah.

Dari sisi nilai transaksi, BNI Mobile Banking mengalami kenaikan Rp138 triliun pada Maret 2021 atau tumbuh 33,2 persen dibandingkan Maret 2020 yang tercatat sebesar Rp103 triliun.

Sementara dari jumlah transaksi, tercatat sebanyak 95 juta transaksi telah dilakukan melalui aplikasi ini pada triwulan I-2021 atau meningkat 50,4 persen dibandingkan periode sama 2020 yang mencapai 63 juta transaksi.

"Tingginya animo pengguna BNI Mobile Banking disebabkan oleh fitur-fitur baru lainnya yang diluncurkan untuk melengkapi layanan di dalamnya, seperti Biometric Login, peminjaman dana, pengelolaan tagihan kartu kredit, pengembangan e-wallet hingga pengembangan QR payment," ujarnya.

Saat ini, BNI juga telah memperkuat pelayanan digitalnya pada segmen korporasi melalui aplikasi terpadu bernama BNI Direct, serta pengembangan Application Programming Interface (API) Digital Service.

Sejak pengembangan API sejak 2018, BNI telah menyediakan 238 API services, atau terbanyak di antara bank-bank di Indonesia dengan jumlah klien mencapai kurang lebih sebanyak 3.000 klien.

Pada November 2020, API Digital Service BNI telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai pemenang Best Overall Developer Portal-Community Prize Nominees, menyisihkan pesaing sebanyak 32 API Portal dari korporasi global berbagai negara.

Selain penghargaan bagi layanan aplikasi BNI Mobile Banking, BSEM juga menganugerahkan empat penghargaan lain kepada BNI sebagai yang terbaik dalam setiap kategorinya.

Penghargaan lainnya adalah Performa Terbaik Call Center 10 Bank Tahun 2020-2021, Performa Terbaik Phone Banking Tahun 2020-2021, Performa CRM-Public Area 5 Bank Konvensional Tahun 2020-2021 dan 10 Bank Terbaik dalam Pelayanan Prima Contact Center Tahun 2021.

Performa terbaik Call Center merupakan buah dari kinerja layanan BNI Call 1500046 yang dapat dinikmati nasabah BNI selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, baik menggunakan fitur Interactive Voice Response (IVR) maupun langsung ke petugas BNI Call Officer.


 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar