Gubernur DIY mengimbau warganya membatasi bepergian selama lebaran

id Sultan,Bepergian,Libur lebaran ,Yogyakarta

Gubernur DIY mengimbau warganya membatasi bepergian selama lebaran

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (ANTARA FOTO/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau warganya agar membatasi bepergian apabila tidak ada keperluan mendesak, meski sekadar di dalam provinsi selama libur Lebaran 2021.

"Selain tetap menjaga 5M, kalau tidak mendesak, ya tidak usah pergi," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa.

Sultan tidak mempermasalahkan warganya melakukan mudik di wilayah aglomerasi antarkabupaten/kota. Meski demikian, ia menyarankan tidak perlu sampai menginap tanpa ada keperluan mendesak.

Raja Keraton Yogyakarta ini juga mengimbau masyarakat melakukan swab terlebih dahulu sebelum bersilaturahmi dengan sanak saudara.

"Swab lebih dulu agar ada kepastian bahwa selama bersilaturahmi antarsaudara atau dengan teman sama-sama bisa saling menjaga," ujar dia.

Ia berharap saat menghadapi libur Lebaran maupun libur lainnya, warganya tetap mampu menerapkan protokol 5 M yang mencakup mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Berbagai upaya pencegahan penularan COVID-19, menurut Sultan, harus terus diterapkan berasama-sama sebab kasus positif di DIY telah berangsur menurun.

Ia berharap kasus positif COVID-19 di DIY tidak kembali meningkat mengingat kondisi penularan di provinsi lain hingga kini masih fluktuatif.

"Pandemi COVID-19 di Yogyakarta ini sudah mulai turun. Di mana di wilayah DIY 95,06 persen sudah (zona) hijau. Itu harus bisa tetap dijaga. Harapannya pandemi ini cepat berlalu," kata dia.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024