Roma rebut Derby della Capitale, hapus peluang Champions Lazio

id liga italia,as roma,lazio,derby della capitale,henrikh mkhitaryan,pedro rodriguez

Roma rebut Derby della Capitale, hapus peluang Champions Lazio

Gelandang serang AS Roma Pedro Rodriguez melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Lazio dalam Derby della Capitale lanjutan Liga Italia di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Sabtu (15/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Tiziana Fabi)

Kekalahan dalam derbi ibu kota itu, membuat Lazio yang berada di posisi keenam gagal menambah raihan 67 poin yang mereka miliki...
Jakarta (ANTARA) - AS Roma merebut kemenangan Derby della Capitale untuk menghabisi peluang rival sekotanya, Lazio, tampil di Liga Champions musim depan.

Derby della Capitale edisi ke-176 yang dimainkan dalam rangkaian laga pekan ke-37 Liga Italia di Stadion Olimpico, pada Sabtu waktu setempat (Minggu WIB), dimenangi Roma dengan skor 2-0 atas Lazio.

Kekalahan dalam derbi ibu kota itu, membuat Lazio yang berada di posisi keenam gagal menambah raihan 67 poin yang mereka miliki, Kendati masih punya dua pertandingan, Lazio dipastikan tidak akan bisa mengejar empat besar, sehingga tahun depan "hanya" akan tampil di kasta kedua kompetisi UEFA, Liga Europa.

Baca juga: Cuadrado bawa Juve menangi Derby d'Italia dan tembus empat besar

Bagi Roma (61), kemenangan itu memantapkan kedudukan mereka di posisi ketujuh klasemen sementara, dengan keunggulan lima poin atas Sassuolo yang baru main besok, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Bila tetap duduk di posisi ketujuh hingga musim berakhir, Roma akan memperoleh satu tiket babak playoff kualifikasi Liga Conference, kompetisi kasta ketiga UEFA yang mulai bergulir musim depan.

Baca juga: Atalanta kunci tiket Liga Champions selepas meredam perlawanan Genoa

Lazio sebetulnya beberapa kali menembus kotak penalti Roma di awal laga, tetapi sundulan Senad Lulic melenceng dari sasaran dan tembakan Luis Alberto masih bisa dihadang barisan pertahanan tuan rumah.

Lantas pada menit ke-26, Alberto kembali menciptakan peluang bagi tim besutan Simone Inzaghi, sayang tembakannya masih bisa ditepis oleh kiper Daniel Fuzato.

Tiga menit jelang turun minum, Roma akhirnya bisa melancarkan serangan yang optimal diakhiri sepakan kaki kanan Henrikh Mkhitaryan menyambut umpan kiriman Edin Dzeko demi membuka keunggulan atas Lazio.

Roma yang unggul mengambil alih kendali permainan di awal-awal babak kedua, tapi tak kurang dari lima percobaan yang dilepaskan Dzeko dkk belum juga mampu menggandakan keunggulan mereka.

Baca juga: Spezia selamat dari ancaman degradasi usai menundukkan Torino 4-1

Sebaliknya, Lazio nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-75 lewat serangan yang diakhiri umpan silang Alberto, sayang Fuzato sekali lagi sigap menghalau tembakan Ciro Immobile.

Tiga menit berselang, Roma sukses menggandakan keunggulan mereka saat Pedro Rodriguez melepaskan tembakan jarak jauh yang bersarang nyaman di pojok kiri bawah gawang Lazio.

Serangan-serangan Lazio dalam upaya bangkit dari ketertinggalan tak kunjung membuahkan hasil dan skor 2-0 bagi Roma bertahan hingga peluit tanda bubaran terdengar nyaring di Olimpico, disambut sorak girang para pemain Il Lupo.

Di pertandingan selanjutnya, Roma akan melawat ke markas Spezia pada Minggu (23/5) pekan depan, sedangkan Lazio bakal lebih dulu melakoni laga tunda pekan ke-25 melawan Torino di Olimpico pada Rabu (18/5).
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar