Pemkab Bantul menjamin ketercukupan daya tampung siswa baru SMP

id Pemkab Bantul

Pemkab Bantul menjamin ketercukupan daya tampung siswa baru SMP

Kantor Pemkab Bantul, DIY (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin ketercukupan daya tampung siswa baru dalam Penerimaan Peserta Didik Baru jenjang Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2021/2022.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Senin, mengatakan tahun ini total lulusan Sekolah Dasar (SD) se-Bantul sebanyak 14.180 siswa, sedangkan daya tampung siswa baru di semua SMP 14.415 siswa.

"Daya tampung siswa baru SMP itu tersebar di sekolah negeri, swasta, MTs negeri dan swasta. Jadi, pemerintah kabupaten menjamin ketercukupan daya tampung siswa untuk di tingkat SMP," katanya dalam sosialisasi PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022 di Gedung Induk Bantul.

Menurut dia, dengan ketercukupan daya tampung siswa SMP maka tidak akan ada lulusan SD yang tidak mendapat sekolah.

Meski begitu, dia menekankan kepada seluruh masyarakat Bantul bahwa sekolah di mana saja itu memiliki peluang keberhasilan yang sama.

"Tidak ada jaminan sedikit pun bahwa yang sekolah di SMP negeri itu masa depannya lebih cerah daripada yang sekolah di SMP swasta, MTs negeri maupun MTs swasta, jadi sekolah di mana saja tetap memiliki keberhasilan yang sama," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Bantul Isdarmoko mengatakan PPDB tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dilaksanakan pada 15 sampai 17 Juni, begitu juga PPDB SD juga dilaksanakan pada 15-17 Juni, sedangkan untuk PPDB SMP dilaksanakan mulai 14 sampai 23 Juni.

"Pelaksanaan PPDB SMP dari 14 sampai 19 Juni untuk jalur Kelas Khusus Olahraga (KKO) dengan sistem luring, kemudian PPDB SMP dari 17 sampai 19 Juni untuk jalur afirmasi, jalur zonasi lingkungan sekolah, jalur perpindahan orang tua, dan jalur prestasi dilaksanakan secara daring," katanya.

Proses PPDB SMP yang dibuka dari 21 sampai 23 Juni, dilaksanakan untuk jalur zonasi umum secara daring melalui website www.bantulkab.siap-ppdb.com.

"Kami membuka posko PPDB sejak 14 sampai 23 Juni selama jam kerja di halaman gedung Dinas Dikpora Bantul, diharapkan pelaksanaan PPDB tahun ini dapat terlaksana dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024