BNPB belum mengizinkan Liga 1 dan Liga 2 dihadiri penonton di stadion

id liga 1 indonesia,liga 2 indonesia,pssi,bnpb,satgas covid19,Liga indonesia

BNPB belum mengizinkan Liga 1 dan Liga 2 dihadiri penonton di stadion

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (keempat dari kiri) bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua dari kanan), Asops Kapolri Irjen Pol. Imam Sugianto (kiri), BNPB dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Akhmad Hadian Lukita (ketiga dari kanan) memberikan keterangan mengenai hasil rapat koordinasi tentang Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (24/5/2021). ANTARA/Michael Siahaan

Jakarta (ANTARA) - Deputi II Bidang Pencegahan BNPB Harmensyah mengatakan bahwa pihaknya belum memberikan izin kehadiran penonton di stadion saat kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 berlangsung.

“Kompetisi dilaksanakan tanpa penonton terlebih dahulu, kemudian nanti dievaluasi,” kata Harmensyah usai mengikuti rapat koordinasi Liga 1 dan Liga 2 yang dipimpin Menpora Zainudin Amali di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin.

Menurut Harmensyah, BNPB atau Satgas Penanganan COVID-19 tidak ingin Indonesia mengalami peningkatan kasus penularan virus SARS-CoV-2 jika penonton dipersilakan masuk ke stadion.
 

Di India, dia melanjutkan, kasus aktif COVID-19 meningkat dari 150.000-an ke 3,5 juta orang setelah penonton menyaksikan pertandingan kriket timnas India versus Inggris langsung di stadion.

Meski begitu, Harmensyah memastikan bahwa penonton dapat hadir di stadion saat kompetisi Liga 1 dan 2 ketika kondisi sudah memungkinkan.

“Pada tahapan berikutnya, tidak tertutup kemungkinan penonton dapat ke stadion tetapi dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga tidak ada penularan (virus SARS-CoV-2 -red),” tutur dia.

Dalam kesempatan itu, Harmensyah menegaskan bahwa BNPB mendukung penuh pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 dan segera mengeluarkan rekomendasi.

“Kami berharap semua pihak termasuk para fan mematuhi protokol kesehatan,” kata dia menambahkan.

Terkait Liga 1 dan Liga 2, Polri melalui Asisten Operasi Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto menyebut bahwa pihaknya akan menerbitkan izin keramaian paling lambat 27 Mei.

PSSI berencana menggelar Liga 1 musim 2021-2022 mulai awal Juli antara tanggal 3 sampai 7, hingga Maret 2022. Sementara Liga 2 akan bergulir 14 hari setelah sepak mula Liga 1 dan diproyeksikan berakhir pada Desember.
 

 

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021