Dindukcapil Kota Yogyakarta tambah jenis layanan cetak KTP-el drive thru

id e-KTP, drive thru,yogyakarta

Dindukcapil Kota Yogyakarta tambah jenis layanan cetak KTP-el drive thru

Sejumlah warga Kota Yogyakarta mengantre untuk mengakses layanan drive thru pencetakan e-KTP yang berada di kompleks Balai Kota Yogyakarta, 25 Mei 2021 (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta menambah ragam layanan "drive thru" berupa pencetakan KTP eletronik rusak, hilang, warga pindah datang, dan perubahan data kependudukan.

“Jenis layanannya semakin beragam. Program ini awalnya disebabkan banyak warga tidak tertib mengambil KTP yang sudah dicetak sehingga menumpuk di kantor. Kami memiliki tanggung jawab tambahan untuk menjaga keamanan KTP yang sudah dicetak tersebut,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Bram Prasetyo di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Bram, masih ada sekitar 70 keping KTP elektronik (KTP-el) yang masih tersimpan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta. KTP tersebut milik warga yang pindah datang atau melakukan perubahan biodata kependudukan.

"Padahal, kami selalu memberikan informasi atau pemberitahuan kepada warga apabila KTP mereka sudah selesai dicetak dan siap diambil," katanya.

Dengan mengakses layanan drive thru, maka masyarakat dipastikan akan langsung membawa pulang KTP yang sudah diperbarui.

Sebelumnya, layanan pencetakan KTP elektronik apabila terjadi perubahan biodata dilakukan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta. Masyarakat yang melakukan perubahan biodata, terlebih dulu diminta untuk melakukan perubahan data di kartu keluarga (KK).

Setelah KK diperbarui, maka warga bisa melakukan pencetakan KTP dengan menampilkan data kependudukan terbaru.

“Syarat untuk bisa mengakses layanan drive thru pencetakan KTP-el adalah menunjukkan KK terbaru yang dimiliki masyarakat. KTP akan langsung dicetak dan bisa dibawa pulang. Pencetakan pun tidak membutuhan waktu lama,” katanya.

Dengan adanya tambahan layanan baru tersebut, maka rata-rata terdapat 110 hingga 130 warga per hari yang mengakses layanan drive thru cetak KTP-el yang bertempat di halaman parkir kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Sebelumnya, hanya terdapat rata-rata 100 hingga 110 warga per hari yang mengakses layanan tersebut saat hanya ada dua jenis layanan pencetakan KTP-el secara drive thru.

Layanan drive thru cetak KTP-el dilayani setiap Senin sampai Kamis dari pukul 09.00 WIB hingga 12.30 WIB.

Sedangkan untuk ketersediaan blanko KTP-el, Bram memastikan stok yang dimiliki cukup untuk memenuhi kebutuhan warga hingga dua bulan ke depan.

“Masih ada sekitar 6.700 keping. Kami akan ajukan permohonan ke pusat begitu stok menipis. Biasanya saat stok kurang dari 2.500 keping, kami sudah megajukan kebutuhan tambahan,” katanya.

Salah satu warga yang mengakses layanan drive thru pencetakan KTP-el, Indriana mengatakan pelayanan dapat diakes dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

“Syaratnya pun mudah, cukup menyerahkan KK dan KTP lama yang rusak dan menunggu panggilan. Prosesnya pun tidak lama dan tidak perlu turun dari kendaraan,” katanya.,
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024