Vaksinasi lansia di Kota Yogyakarta ditargetkan segera tuntas

id vaksinasi, lansia,yogyakarta

Vaksinasi lansia di Kota Yogyakarta ditargetkan segera tuntas

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis kedua untuk tenaga kependidikan di Kota Yogyakarta, Rabu (19/5/2021). ANTARA/Eka Arifa Rusqiyati/am.

Yogyakarta (ANTARA) - Pelaksanaan vaksinasi bagi warga lanjut usia di Kota Yogyakarta ditargetkan segera dituntaskan sehingga seluruh warga berusia lebih dari 60 tahun di daerah tersebut sudah mendapat vaksinasi pada akhir Mei.

"Akhir-akhir ini, kami terus mendorong agar warga lansia yang belum mendapat vaksinasi untuk segera bisa divaksin. Vaksinasi bisa dilakukan di puskesmas, rumah sakit, dan klinik," kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Jumat.

Dia mengatakan sejumlah puskesmas di wilayah juga mulai melakukan vaksinasi massal untuk warga lansia, salah satunya di Kecamatan Gondomanan dan Gedongtengen dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data Komisi Daerah Lansia Kota Yogyakarta, total lansia di daerah tersebut sekitar 46.000 orang. Namun, hingga saat ini sudah terdaftar sekitar 66.000 lansia untuk mendapat vaksinasi di Kota Yogyakarta.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta menyebut data 66.000 lansia tersebut dimungkinkan masih tercampur dengan data lansia dari luar Kota Yogyakarta sehingga saat ini dilakukan penyisiran untuk memastikan jumlah lansia di daerah setempat dan jumlah lansia yang sudah mendapat vaksinasi.

"Jumlah lansia yang sudah mendapat vaksinasi sekitar 70 persen dari pendaftar," katanya.

Heroe meminta pengurus RT/RW melakukan sosialisasi sekaligus mengajak lansia yang belum mendaftar vaksinasi untuk segera mendaftar dan bagi lansia yang sudah mendaftar segera melakukan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

"Datang saja ke puskesmas atau rumah sakit. Kapasitas vaksinasi setiap fasilitas pelayanan kesehatan berbeda-beda. Ada yang 200 sampai 250 dosis per hari, ada juga yang 100 dosis per hari," katanya.

Selain lansia, Kota Yogyakarta juga mengintensifkan vaksinasi berbagai sasaran, seperti tokoh agama, pemuka masyarakat, relawan, hingga masyarakat umum.

"Khususnya bagi warga yang memiliki mobilitas tinggi, kerap bertemu banyak orang tentu akan menjadi prioritas penerima vaksin. Pemberian vaksin memang dilakukan bertahap," katanya.

Program vaksinasi yang dilakukan di Kota Yogyakarta saat ini menggunakan dua jenis vaksin yaitu Sinovac dan AstraZeneca.

Ketua Pansus COVID-19 DPRD Kota Yogyakarta Fokki Ardiyanto berharap, vaksinasi untuk sasaran lansia dan pelayan publik perlu segera dituntaskan untuk mendukung upaya pengendalian kasus COVID-19 di Yogyakarta.

"Kami juga mendorong pemerintah daerah untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus COVID-19 usai libur Lebaran yang diperkirakan terjadi pekan depan. Ketersediaan bed di rumah sakit dan oksigen juga harus disiapkan termasuk bantuan makanan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024