IDI Sleman gelar donor darah massal cukupi kebutuhan darah saat pandemi

id Donor darah IDI,IDI Sleman ,Wabup Sleman Danang ,Kabupaten Sleman ,COVID-19 Sleman ,Sleman

IDI Sleman gelar donor darah massal cukupi kebutuhan darah saat pandemi

IDI Sleman menggelar bakti sosial donor darah massal cukupi kebutuhan saat pandemi COVID-19. ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar donor darah dalam rangka memperingati Hari Bakti Ke-113 IDI sekaligus Hari Kebangkitan Nasional dan mencukupi kebutuhan darah di tengah pandemi COVID-19, Jumat.

Bakti sosial donor darah massal yang berlangsung di ruang "pantry" Rumah Dinas Bupati Sleman tersebut dihadiri, antara lain Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengapresiasi IDI Sleman yang telah menginisiasi kegiatan tersebut karena akan membantu upaya meningkatkan persediaan darah di daerah setempat. Di tengah pandemi COVID-19 ini stok darah cenderung menurun.

"Saya harap kegiatan donor darah seperti ini terus diadakan secara berkelanjutan," kata dia.

Ketua IDI Sleman yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

"Bahkan bagi masyarakat yang pernah dinyatakan positif COVID-19 juga tetap bisa melakukan donor darah," katanya.

Ia mengharapkan masyarakat yang sudah biasa donor darah, di tengah COVID-19 ini tetap melanjutkan kebiasaan baiknya tersebut.

"Sedangkan bagi yang belum pernah donor darah bisa segera dimulai," katanya.

Ia mengatakan kegiatan donor darah diikuti 68 orang.

Para peserta donor darah tersebut sebelumnya telah melakukan pendaftaran secara daring. Namun, pihaknya juga membuka pendaftaran secara luring di tempat pelaksanaan donor darah.

"Para pendonor darah tersebut selanjutnya diskrining sebelum diambil darahnya demi menghindari terjadinya penularan penyakit melalui darah pendonor," katanya.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024