Disdikpora Gunung Kidul sosialisasi pelaksanaan PPDB 2021-2022

id Gunung Kidul,Disdikpora Gunung Kidul,PPDB

Disdikpora Gunung Kidul sosialisasi pelaksanaan PPDB 2021-2022

Sekolah di semua jenjang pendidikan di Kabupaten Gunung Kidul siap mekansakan pembelajaran tatap muka. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, segera menyosialisasikan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2021-2022 yang rencananya dilaksanakan secara zonasi dan daring.

Sekretaris Disdikpora Gunung Kidul Sudyo Marsita di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan rencananya pendaftaran siswa baru untuk tingkat PAUD, TK, SD dan SMP akan dilaksanakan mulai pertengahan Juni 2021.

"Kami akan melaksanakan sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2021-2022 pada awal Juni. Kemudian, penerimaan peserta didik baru untuk jenjang PAUD dan TK, dan SD pada pertengahan Juni, dan SMP akan dilaksakan pada 22-15 Juni 2021," kata Sudyo.

Ia mengatakan pelaksanaan PPDB dilakukan sama seperti tahun sebelumnya. Adapun indikator penerimaan ditentukan oleh jalur zonasi, jalur afirmasi, perpindahan tugas orangtua/wali serta jalur prestasi.

Tahun lalu kuota untuk difabel ada sendiri, tapi sekarang masuk dalam jalur afirmasi bersama-sama dengan jatah untuk siswa kurang mampu.

"Sistemnya dengan sistem mendaftar daring," katanya.

Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul Eddy Praptono mengatakan sebanyak 90 persen sekolah dasar di Gunung Kidul sudah siap melakukan pembelajaran tatap muka.

Tentunya dengan menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat. Baik itu memakai masker, kapasitas, menjaga jarak mengurangi kerumunan, pengukuran suhu tubuh dan sebagainya.

"Sehingga pembelajaran tatap muka di sekolah sudah siap untuk digelar. Untuk SD 90 persen, SMP 98 persen siap, kalau PAUD dan TK yang siap baru 10-an persen pembelajaran tatap muka," kata dia.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024