Yogyakarta menyiapkan dua lokasi penataan PKL Jalan Sudirman

id penataan PKL,jalan sudirman,yogyakarta,revitalisasi,pedestrian

Yogyakarta menyiapkan dua lokasi penataan PKL Jalan Sudirman

Ilustrasi - Kondisi pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta yang akan direvitalisasi tahun ini (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Pedagang kaki lima yang saat ini berjualan di trotoar Jalan Jenderal Sudirman dari ruas Galeria hingga Gramedia Yogyakarta akan ditata di dua lokasi baru saat revitalisasi pedestrian di ruas jalan tersebut, yaitu di Jalan Sam Ratulangi dan di sisi-sisi yang masih memungkinkan di Pasar Terban.

“Hingga sementara ini, rencana penempatan PKL masih akan dilakukan di dua lokasi tersebut sesuai rencana awal,” kata Camat Gondokusuman Yogyakarta Guritno di Yogyakarta, Kamis.

Berdasarkan data awal, di lokasi tersebut terdapat 48 pedagang kaki lima. Namun tidak semuanya merupakan warga Kota Yogyakarta yang dibuktikan dengan kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP).

“Perbandingannya 50-50 antara PKL yang berasal dari Kota Yogyakarta dan dari luar Kota Yogyakarta. Dan beberapa sudah tidak berjualan karena meninggal dan sebab lainnya,” katanya.

Penataan, lanjut dia, akan diprioritaskan untuk PKL warga Kota Yogyakarta sehingga dimungkinkan tidak semua PKL akan tertampung di lokasi yang sudah disiapkan.

“Terkait teknis penataannya akan seperti apa memang masih belum dibahas secara detil. Tetapi, yang akan diutamakan adalah warga Kota Yogyakarta terlebih dulu. Dimungkinkan tidak tertampung semua,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana menargetkan dapat melakukan lelang pekerjaan fisik revitalisasi pedestrian Jalan Sudirman tahap tiga pada bulan ini.

Harapannya, proses lelang dapat diselesaikan pada akhir Juni atau awal Juli. Seluruh anggaran revitalisasi berasal dari dana keistimewaan DIY dengan alokasi anggaran Rp19,9 miliar.

Menurut rencana, pekerjaan fisik penataan pedestrian dapat selesai dalam waktu enam bulan.

Konsep penataan tetap mengacu pada revitalisasi pedestrian Jalan Sudirman pada tahap pertama pada 2019 dari simpang Gramedia hingga Jembatan Gondolayu yaitu garden city.

Dalam penataan ini, taman dan pohon perindang yang sudah ada tetap dipertahankan sehingga trotoar akan terkesan lebih lebar dan nyaman bagi pejalan kaki.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024