Wakapolda DIY meninjau pelaksanaan vaksinasi kader kesehatan di Bantul

id Wakapolda,Wakapolda DIY tinjau pelaksanaan vaksinasi,vaksinasi kader kesehatan di Bantul

Wakapolda DIY meninjau pelaksanaan vaksinasi kader kesehatan di Bantul

Wakapolda DIY Brigjen Pol. R. Slamet Santosa saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi kader kesehatan di Sentra Vaksinasi COVID-19 SMK Kesehatan Kabupaten Bantul, DIY. Jumat (4/6/2021) (Foto Humas Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Daerah Istimewa Yogyakarta Brigjen Pol. R. Slamet Santosa meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi kader kesehatan di Sentra Vaksinasi COVID-19 SMK Kesehatan Bantul, guna memastikan kelancaran pemberian suntikan untuk kekebalan virus corona itu.

"Untuk tinjauan vaksinasi di Kabupaten Bantul ini cukup baik dan bagus, bahwa sesuai dengan anjuran pemerintah kita harus meningkatkan herd immunity (kekebalan imun) dari masyarakat itu sendiri," kata Wakapolda DIY disela peninjauan di Sentra Vaksinasi COVID-19 SMK Kesehatan Bantul, Jumat.

Wakapolda yang didampingi Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyono, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Agus Budi Rahardjo beserta jajaran meninjau langsung jalannya vaksinasi mulai dari pendaftaran, skrining atau pemeriksaan awal, pengecekan tensi, tahapan vaksinasi hingga observasi.

Wakapolda DIY memberikan dukungan penuh pelaksanaan vaksinasi ini baik bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY maupun Dinkes kabupaten/kota. "Diharapkan kalau masyarakat sudah tervaksin semuanya sesuai target yang ada, pertumbuhan ekonomi juga akan mengikuti," katanya.

Vaksinasi COVID-19 sendiri dilaksanakan secara bertahap baik yang tersentral, kemudian ada 'mobile' vaksinasi dengan sasaran-sasaran tertentu di masing-masing fasilitas kesehatan yang ada di wilayah Kabupaten Bantul.

"Menyikapi hal tersebut, kami jajaran kepolisian mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi itu, bila tenaga kesehatan kurang, kami siap untuk membantu, begitupun dengan jemput bola lansia kami juga siap," kata Wakapolda.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Bantul Agus Budi Rahardjo mengatakan, bahwa sasaran vaksinasi hari ini adalah kader kesehatan non lansia sejumlah 350 orang, nantinya kader kesehatan di Kabupaten Bantul yang berjumlah 12.070 orang juga akan divaksinasi dua kali sesuai jadwal yang disusun Dinkes.

"Ada 12.070 kader kesehatan maupun posyandu (pos pelayanan terpadu) nantinya akan menerima vaksinasi sebanyak dua kali di Sentra Vaksinasi COVID-19 SMK Kesehatan Bantul ini," kata Agus.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar