Basarnas tingkatkan kesiapsiagaan SAR bencana gempa bumi

id Latihan SAR,Basarnas Yogyakarta

Basarnas tingkatkan kesiapsiagaan SAR bencana gempa bumi

Latihan SAR Bencana Gempa Bumi oleh Basarnas Yogyakarta (Foto Humas Basarnas)

Bantul (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta meningkatkan kesiapsiagaan personel dengan menggelar Latihan SAR 2021 untuk penanganan korban akibat bencana, utamanya gempa bumi.

"Kegiatan Latihan SAR 2021 kali ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan, meningkatkan kemampuan skill rescuer dan respon of SAR dalam menghadapi bencana yang terjadi di wilayah kerja DIY," kata Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta L Wahyu Efendi dalam keterangan resmi di Yogyakarta, Rabu.

Latihan SAR 2021 di Kantor Basarnas Yogyakarta, Sedayu, Kabupaten Bantul dengan tema "Latihan Satuan Tanggap Darurat Gempa Bumi" itu diadakan selama empat hari pada 2 dan 3 Juni dengan kegiatan pembekalan materi untuk rescuer, dan pada 8 dan 9 Juni untuk manuver lapangan.

"Latihan dengan melibatkan 30 personel dari Kantor Basarnas Yogyakarta, Pos Basarnas Gunung Kidul dan Unit Siaga Basarnas Congot Kulon Progo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19," katanya.

Menurut dia, materi Latihan SAR 2021 meliputi VAR (vehicle accident rescue) penanganan kecelakaan lalu lintas dengan korban terjepit di dalam mobil, CSSR (collapse structur search and rescue) evakuasi korban di reruntuhan bangunan yang diakibatkan gempa bumi.

Kemudian CSR (confined space rescue) evakuasi di ruang terbatas atau ruang sempit, vertical rescue (evakuasi di ketinggian), medical first responder (medis dasar) dan manajemen posko.

"Hal ini dikarenakan DIY merupakan daerah rawan gempa bumi, serta pengalaman kami dalam pelaksanaan operasi SAR peristiwa gempa bumi DIY tahun 2006," katanya.

Kepala Kantor Basarnas mengharapkan, para rescuer yang dilatih dalam Latihan SAR kali ini mampu mengasah kemampuan, baik secara individu maupun secara tim dalam penanganan dampak bencana yang berpotensi terjadi di DIY.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar