Desa Sabdodadi Bantul ditetapkan Desa Mandiri Budaya

id Desa Budaya,Desa Sabdodadi, Bantul

Desa Sabdodadi Bantul ditetapkan Desa Mandiri Budaya

Wabup Bantul Joko Purnomo dan Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko Setyanto saat pengukuhan Pengurus Desa Mandiri Budaya Desa Sabdodadi, Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Desa Sabdodadi, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ditetapkan sebagai Desa Mandiri Budaya berdasarkan Surat Keputusan Gubernur DIY, karena memenuhi kriteria sebagai kelurahan untuk melakukan pemeliharaan dan pembinaan kebudayaan sebagai salah satu keistimewaan provinsi itu.

"Desa Mandiri Budaya menjadi predikat paling tinggi di antara desa budaya. Desa Sabdodadi sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan predikat itu," kata Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo di sela mengukuhkan pengurus Desa Mandiri Budaya Desa Sabdodadi, Bantul, Kamis.



Menurut dia, Desa Sabdodadi memenuhi kriteria sebagai Desa Mandiri Budaya karena memiliki kawasan sebagai desa wisata, desa preneur dan desa budaya dengan potensi budaya yang ada, dimana kegiatan warga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Oleh sebab itu, kata dia, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melalui Dinas Kebudayaan memberikan tanggung jawab yang besar kepada Pemerintah Desa Sabdodadi untuk mewujudkan tujuan keistimewaan DIY, dengan memberikan alokasi Dana Keistimewaan (Danais) Rp1 miliar.

"Dawuh dari Pak Gubernur kalau Desa Mandiri Budaya akan mendapat alokasi Dana Keistimewaan Rp1 miliar, bisa jadi Rp1,5 miliar kalau di sini sudah ada Balai Budayanya, tapi kita belum punya dan dana tersebut dapat dipergunakan yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Wakil Bupati berharap pengurus Desa Mandiri Budaya Desa Sabdodadi yang telah dikukuhkan agar melakukan lima hal dalam pemeliharaan dan pembinaan kebudayaan. Pertama, mampu berkolaborasi dengan lurah untuk menguatkan karakter dan jati diri masyarakat khususnya dalam bidang budaya.

Kedua, mewujudkan pemeliharaan nilai-nilai budaya DIY dalam kehidupan masyarakat dan lembaga pemerintah. Ketiga mengembangkan kebudayaan DIY untuk meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya di DIY di tengah peradaban dunia.

Sedangkan yang keempat, wakil bupati meminta kepada pengurus Desa Mandiri Budaya untuk mewujudkan pemerataan akses aktivitas berkebudayaan dan meningkatkan apresiasi seni dan kreativitas karya budaya.



"Yang kelima, saya minta pengurus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena predikat sebagai Desa Mandiri Budaya 'goalnya' adalah bagaimana mewujudkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Wabup juga berhara, Desa Sabdodadi akan menjadi desa yang terus berprestasi, tidak hanya di Bantul, minimal di tingkat DIY dan dapat terus berinovasi, karena di Bantul ada 75 kelurahan yang akan terus bersaing dan berlomba dalam kebaikan untuk menjaga dan memelihara keistimewaan DIY.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar