Yogyakarta menargetkan vaksinasi 18 tahun ke atas tuntas Juli

id vaksinasi,covid-19,yogyakara, 18 tahun ke atas

Yogyakarta menargetkan vaksinasi 18 tahun ke atas tuntas Juli

Ilustrasi - Pelaksanaan vaksinasi massal di Kota Yogyakarta (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta mempercepat pencapaian target vaksinasi COVID-19, khususnya untuk warga yang berusia 18 tahun ke atas, sudah dapat dituntaskan pada Juli 2021.

“Untuk warga Kota Yogyakarta yang berusia 18 tahun ke atas diharapkan sudah bisa diselesaikan pada Juli. Ini adalah target yang disampaikan oleh Wali Kota Yogyakarta,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Lana Unwanah di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, salah satu strategi yang akan dilakukan untuk memastikan pencapaian target tersebut adalah dengan membuka sentra vaksinasi Pemkot Yogyakarta, namun hingga saat ini lokasi untuk sentra tersebut masih dalam pencermatan.

Sentra tersebut diharapkan dapat melayani 500 warga dalam sehari dan kapasitasnya bisa ditingkatkan apabila ada tambahan tenaga kesehatan atau relawan.

Selain menyiapkan sentra vaksinasi, juga dilakukan persiapan untuk proses pendaftarannya. Rencananya, link pendaftaran vaksinasi usia 18 tahun ke atas bisa diakses secara daring melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Jika capaian vaksinasi untuk warga Kota Yogyakarta berusia 18 tahun ke atas sudah mencapai minimal 75 persen, maka sasaran vaksinasi akan diperluas untuk anak berusia 12-17 tahun.

“Oleh karenanya, hingga saat ini, di Kota Yogyakarta memang belum melayani vaksinasi untuk anak 12-17 tahun,” katanya.

Lana menambahkan, capaian vaksinasi di Kota Yogyakarta memang cukup tinggi, namun tidak semua warga yang mendapat suntikan vaksin adalah warga Kota Yogyakarta.

“Cakupan vaksinasi di Kota Yogyakarta memang cukup tinggi, tetapi lebih dari separuhnya bukan penduduk kota,” katanya.

Kondisi tersebut dimungkinkan terjadi karena pada saat vaksinasi untuk pelayan publik, Kota Yogyakarta banyak melakukan vaksinasi untuk orang yang bekerja di Yogyakarta tanpa memandang asal atau domisili kependudukan.

Sebelumnya, Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, upaya pengendalian kasus COVID-19 selama PPKM darurat dilakukan dengan dua cara, yaitu pencegahan dan penanganan kasus.

Vaksinasi dilakukan sebagai upaya pencegahan. Pada akhir pekan lalu, capaian vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah mencapai lebih dari 150.000 orang yang mendapat dosis pertama.

Sementara itu, hingga Selasa (6/7) kasus aktif COVID-19 di Kota Yogyakarta tercatat 3.038 kasus dengan 3.035 pasien menjalani isolasi dan tiga pasien rawat inap di rumah sakit.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024