Menpora mengukuhkan atlet Indonesia untuk Olimpiade Tokyo secara virtual

id Menpora Zainudin Amali,Pengukuhan atlet Olimpiade,Olimpiade Tokyo

Menpora mengukuhkan atlet Indonesia untuk Olimpiade Tokyo secara virtual

Tangkapan layar pengukuhan kontingen Indonesia menuju Olimpiade Tokyo oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali yang digelar secara virtual, Kamis (8/7/2021). (ANTARA/Shofi Ayudiana)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Kamis mengukuhkan para atlet Indonesia, yang akan berlaga pada Olimpiade 2020 Tokyo, secara virtual sebagai upaya untuk menghindari kerumuman serta risiko infeksi COVID-19.

Acara pengukuhan dihadiri oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission Rosan P Roeslani, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, ketua umum federasi cabang olahraga nasional, serta para atlet dan pelatih yang hadir secara virtual dari pelatnas masing-masing.

“Saya Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, atas nama pemerintah Indonesia, mengukuhkan kontingen Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade Musim Panas di Tokyo Jepang di bawah pimpinan Chef de Mission Bapak Rosan Roeslani,” kata Zainudin.

Zainudin mengatakan meski digelar secara virtual, pengukuhan kali ini tidak mengurangi makna dari tradisi pengukuhan kontingen yang biasa dilakukan dari setiap keberangkatan tim Indonesia ke berbagai ajang multi event pada masa-masa normal.

Dia mengatakan 28 atlet yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo merupakan orang-orang terpilih yang pantas mewakili 260 juta lebih rakyat Indonesia. Ia berpesan kepada para atlet untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dengan memberikan penampilan semaksimal mungkin di Tokyo.

“Anggaplah ini Olimpiade terakhir yang Anda ikuti. Anda jangan berpikir kalau gagal di Olimpiade kali ini, Anda masih mempunyai kesempatan empat tahun ke depan. Hilangkan pikiran itu dan tanamkan dalam pikiran Anda bahwa ini adalah yang terakhir,” tuturnya.

“Anda dicukupkan semua kebutuhan oleh para pimpinan cabang olahraga, KONI, KOI, maka tolong itu ada di benak dan pikiran Anda bahwa Anda akan membayar itu dengan prestasi dan semangat juang dan jangan menyerah sebelum akhir setiap kompetisi.”

Setelah dikukuhkan oleh Menpora, kontingen Indonesia menuju Olimpiade Tokyo selanjutnya akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Negara pada pukul 11.00 WIB.

Indonesia akan memberangkatkan 28 atlet yang akan berkompetisi pada delapan cabang olahraga di Olimpiade 2020 Tokyo, yaitu bulu tangkis (11), atletik (2), panahan (4), menembak (1), dayung (2), angkat besi (5), surfing (1), dan renang (2).

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024