BNI memboyong produk kreatif UMKM ke Tokyo

id BNI,produk kreatif,umkm binaan bni

BNI memboyong produk kreatif UMKM ke Tokyo

Bank BNI di Tokyo (ANTARA/HO-BNI)

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Jepang melalui Atase Perdagangan memboyong produk kreatif Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ke Tokyo.

Indonesia Bazaar yang berlangsung sejak awal Juli selama 1 bulan penuh tersebut bertujuan untuk membuat wisata dan industri kreatif Indonesia tetap diingat serta menjadi top of mind wisatawan asing.

“Bagi BNI, hal ini merupakan suatu kebanggaan karena dapat memberikan kesempatan untuk berkontribusi mendorong UMKM Indonesia Go Global, atau lebih tepatnya lagi dalam hal ini, Goes to Japan,” kata General Manager BNI Tokyo Muhamad Emil Azhary dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

BNI mendatangkan beberapa hasil karya UMKM Mitra Binaan BNI termasuk dari Rumah BUMN BNI yaitu Rumah BUMN Katingan, Rumah BUMN Sleman dan Rumah BUMN Manggarai Barat yang ditampilkan pada BNI Corner untuk diperkenalkan ke pasar Jepang.

Di antaranya handycraft anyaman Rumput Purun dari Borneo Queen, Kalimantan Tengah dan kerajinan bambu dari Tunggak Semi, Sleman Yogjakarta. Selain juga kain songket atau tenun dari Tenun Ana Sukarara yang didatangkan dari Lombok dan tenun dari Ca Nai dari Kabupaten Manggarai Barat.

Indonesia Bazaar mulai dihelat sejak akhir pekan lalu ketika Duta Besar Republik Indonesia Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Jepang dan Federasi Negara Mikronesia Heri Akhmadi membukanya secara resmi. Hadir juga pada kesempatan di Route Café and Things itu, General Manager BNI Tokyo Muhamad Emil Azhary.

Selain pagelaran wayang kulit berbahasa Jepang, banyak produk kreatif dari UMKM Indonesia, termasuk UMKM binaan BNI, yang dipamerkan di kawasan elit Marunouchi Jepang itu.

Sementara itu, dalam sambutannya, Heri Akhmadi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut juga sekaligus merayakan HUT ke-75 tahun BNI yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2021.

“BNI diharapkan dapat menjadi mitra strategis dalam pelayanan kepada masyarakat dan juga dalam mendorong peningkatan ekspor dan investasi antara Indonesia dan Jepang,” katanya.

Event Indonesia Bazaar 2021 dihadiri oleh nasabah BNI Tokyo dan juga pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ). Semua tamu undangan disuguhi tarian tradisionla dan pertunjukan wayang kulit dalam bahasa Jepang oleh Grup Hana Joss pada penghujung acara pembukaan Indonesia Bazaar 2021.


 

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024