Pemkab Kulon Progo akan melakukan vaksinasi 36 ribu pelajar pada awal Agustus

id vaksinasi pelajar,Kulon Progo,COVID-19

Pemkab Kulon Progo akan melakukan vaksinasi 36 ribu pelajar pada awal Agustus

Sebanyak pelajar di Kulon Progo dari jenjang SMP hingga SMA/SMK menjadi sasaran vaksinasi mulai Agustus 2021. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Dinas Kesehatan akan melakukan vaksinasi terhadap anak-anak usia 12-18 tahun sebanyak 36 ribu pelajar tingkat sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan mulai awal Agustus 2021.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pelaksanaan vaksinasi pelajar ini tidak bersamaan dengan masyarakat umum, melainkan berbasis sekolah untuk menghindari adanya kerumunan.

"Kami menghitung sasaran vaksinasi anak-anak atau pelajar ini sasaran awalnya 36 ribu pelajar, yang terdiri dari 15.151 pelajar SMP, 16.056 pelajar SMA/SMK, dan 4.949 pelajar tingkat MTs dan MI atau sekolah di bawah kantor kementerian agama (Kemenag)," kata Baning.

Ia mengatakan untuk kelancaran penyelenggaraan vaksinasi ini, Dinas Kesehatan akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Balai Pendidikan Menengah dan Kemenag. Pelajar ini akan mendapat vaksin jenis Sinovac.



"Rencananya, pelaksanaan vaksinasi pelajar dilaksanakan pada awal Agustus, namun lebih cepat lebih baik untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM)," katanya.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kulon Progo Arif Prastowo menyatakan tahapan vaksinasi bagi tenaga kependidikan telah berjalan maksimal. Ia menyebut hampir seratus persen tenaga kependidikan di Kulon Progo, seperti guru hingga penjaga sekolah telah menyelesaikan vaksin dosis pertama maupun kedua.

Lebih dari itu, semua sekolah sudah siap dengan sarana dan prasarana pencegahan virusnya. Prosedural bagi siswa mulai dari berangkat sekolah, pembelajaran di kelas hingga pulang pun juga telah disiapkan.

"Namun untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka, kami tetap melihat situasi dan kondisi penularan COVID-19 di Kulon Progo," katanya.

Sebagai informasi, untuk capaian vaksinasi di Kulon Progo secara menyeluruh gugus tugas mencatat hingga Rabu (14/7) pada vaksinasi dosis pertama telah mencapai angka 21,07 persen. Jumlah tersebut terdiri dari 3.448 tenaga kesehatan, 24.861 petugas pelayanan publik, 21.570 lansia, 8.909 masyarakat rentan dan 11.818 masyarakat umum.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021