TC timnas Indonesia mulai 1 Agustus di Samarinda atau Palembang

id timnas indonesia,shin taeyong,pssi

TC timnas Indonesia mulai 1 Agustus di Samarinda atau Palembang

Dokumentasi - Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong (kelima dari kiri) memimpin latihan skuadnya di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (20/5/2021). Juni 2021. (ANTARA/HO-PSSI/am.)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan, pemusatan latihan (TC) tim nasional Indonesia akan digelar mulai 1 Agustus 2021 di Samarinda atau Palembang.

"Kami merencanakan TC pada 1 Agustus 2021 karena Liga 1 belum berjalan. PSSI memilih Samarinda atau Palembang sebagai lokasi TC karena wilayah itu masuk zona hijau COVID-19 dan memiliki fasilitas lapangan memadai," ujar Yunus, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Jumat.

TC timnas Indonesia itu utamanya menjadi persiapan menuju laga playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 menghadapi Taiwan yang digelar dua leg yaitu pada 7 September dan 12 Oktober 2021.

PSSI menargetkan skuad Garuda dapat menaklukkan Taiwan demi mempermulus jalan menuju Piala Asia 2023.

"Kami akan mempersiapkan timnas dengan maksimal karena PSSI ingin meraih kemenangan dan, tentunya, dapat lolos ke Piala Asia 2023," kata Yunus.

Meski demikian, PSSI memastikan timnas Indonesia tidak akan langsung didampingi oleh pelatih Shin Tae-yong.

Shin dijadwalkan baru tiba di Jakarta pada 6 Agustus 2021 dari Korea Selatan.

Sampai dirinya hadir di tengah-tengah tim, juru taktik timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut akan memantau skuad Garuda secara virtual dari Negeri Ginseng.

"PSSI awalnya berharap Shin Tae-yong kembali ke Indonesia pada 23 Juli sesuai izin yang diberikan kepadanya selama 28 hari yakni 14 hari karantina dan 14 hari 'medical check up' di Korea Selatan. Namun PSSI memaklumi karena masih membutuhkan waktu untuk memeriksa kesehatannya. Kalau tidak ada kendala, Shin Tae-yong akan datang ke Jakarta pada 6 Agustus," tutur Yunus Nusi.