Pemkab Sleman mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar

id Vaksinasi pelajar Sleman ,Bupati Sleman Kustini ,Kepala BIN DIY ,Vaksinasi COVID-19 Sleman ,Vaksinasi COVID-19 pelajar

Pemkab Sleman mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama BIN DIY Andry Wibowo melakukan pemantauan langsung vaksinasi COVID-19 bagi siswa usia 12-18 yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Pakem dan SMP Negeri 1 Sleman. Foto ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman.

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) DIY mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar usia 12 hingga 18 tahun di wilayah Sleman, Rabu.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Kepala BIN DIY Andry Wibowo memantau kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi siswa usia 12-18 tahun yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Pakem dan SMP Negeri 1 Sleman.

Kepala BIN DIY Andry Wibowo mengatakan bahwa upaya penanganan pandemi COVID-19 dilaksanakan secara kolaboratif lintas sektor, guna segera membangun daya tahan kolektif atau kekebalan komunal.

"Dalam vaksinasi COVID-19 ini, BIN mendapatkan sasaran spesifik sekolah jenjang SMP dan SMA bagi pelajar usia 12-18 tahun serta upaya door to door pada siswa yang memiliki limitasi akses mobilitas, informasi dan pendataan," katanya.

Menurut dia, pelajar penerima vaksin di Sleman menyasar antara 36.000 hingga 40.000 siswa dan ditargetkan selesai vaksin pertama sebelum 17 Agustus 2021.

"Ini tergantung juga pada kesiapan vaksin dan vaksinatornya yang harus kita perkuat. BIN juga telah merekrut 25 vaksinator untuk membantu pemerintah daerah melakukan vaksinasi," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan Pemkab Sleman sangat mendukung dan menyambut gembira pelaksanaan pemberian vaksin COVID-19 bagi para siswa usia 12-18 tahun di daerahnya, mengingat vaksinasi COVID-19 ini merupakan salah satu bagian penting dari upaya dalam menangani pandemi yang pada saat ini sedang melanda dunia.

"Tujuan utama dari pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini adalah mengurangi transmisi atau penularan COVID-19 di tengah-tengah masyarakat kita. Selain itu vaksinasi ini juga dimaksudkan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19 serta membentuk kekebalan kelompok di masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi," katanya.

Kustini mengatakan penggunaan vaksin adalah upaya untuk mendorong pembentukan kekebalan spesifik pada penyakit tertentu, dalam hal ini COVID-19.

Pemberian vaksin COVID-19 ini dimaksudkan agar penerima vaksin terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat karena ditubuhnya telah terbentuk antibodi.

"Keberhasilan penanganan pandemi COVID-19 ini bergantung pada kontribusi dan peran aktif seluruh elemen masyarakat, termasuk para siswa dan pemerintah," katanya.
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama BIN DIY Andry Wibowo melakukan pemantauan langsung vaksinasi COVID-19 bagi siswa usia 12-18 yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Pakem dan SMP Negeri 1 Sleman. Foto ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman.km
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024