BTS ingin bantu generasi masa depan lewat diplomasi publik

id BTS,diplomasi publik

BTS ingin bantu generasi masa depan lewat diplomasi publik

Para anggota BTS. (ANTARA/Twitter/@bts_bighit)

Jakarta (ANTARA) - Grup vokal BTS berharap dapat berperan aktif dalam membantu kaum muda di seluruh dunia di tengah tantangan global seperti kesulitan ekonomi, ketidaksetaraan, dan pandemi yang sedang berlangsung.

“Ketika terjadi krisis, jika ada sesuatu yang dapat kami lakukan dan memiliki kekuatan untuk melakukannya--betapa pun lemahnya itu–kami pikir kami ingin melakukannya,” kata RM dalam wawancara di stasiun televisi lokal SBS Sabtu waktu setempat, dikutip dari Yonhap pada Minggu.

Sebelumnya, pada Rabu (21/7), Presiden Moon Jae In menunjuk BTS sebagai utusan khusus untuk peran diplomasi publik.



“Kami (menyetujui penunjukan) dengan hati yang berat tetapi gembira. Kami akan melakukan apa yang kami bisa dan kembali setelah menyelesaikan misi kami," lanjut RM.

Melalui penunjukan ini, nantinya BTS akan menghadiri pertemuan internasional besar, termasuk sesi ke-76 Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dijadwalkan pada bulan September, serta bergabung dengan kampanye berbagai isu seperti lingkungan, kemiskinan, dan keragaman.

Dalam hal kampanye sosial, sebelumnya BTS juga pernah menyuarakan dukungan untuk berbagai kampanye global, seperti gerakan Black Lives Matter dan menentang kekerasan terhadap orang Amerika keturunan Asia.



Baru-baru ini, grup tersebut memasukkan bahasa isyarat internasional ke dalam video musik dan penampilan mereka untuk "Permission to Dance", sebuah gerakan untuk mendukung komunitas tunarungu.

"Kami memilih bahasa isyarat internasional dengan harapan dapat menyebarkan energi positif dan memberikan harapan dan kenyamanan kepada orang-orang di seluruh dunia," ujar J-hope.

"BTS adalah tim yang hidup di masa sekarang. Kami tumbuh berdasarkan hal-hal dan sentimen saat itu... (Pesan yang ingin kami berikan) juga harus datang dari apa yang kami alami dan rasakan," jelas RM.

Jungkook mengatakan proyek tim berikutnya juga akan lahir dari konteks ini. "Lagu dan album yang kami rilis lahir sesuai dengan pemikiran dan perasaan kami saat itu. Kami berharap akan merilis lagu yang bagus setelah mempertimbangkan apa yang harus kami bicarakan," pungkasnya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024