Bupati Bantul: Hari Jadi motivasi warga makin tangguh melawan pandemi

id Hari Jadi Bantul

Bupati Bantul: Hari Jadi motivasi warga makin tangguh melawan pandemi

Peringatan Hari Jadi Ke-190 Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang digelar secara virtual di Gedung Induk Parasamya Bantul, Senin (26/7/2021) (ANTARA/ Humas Protokol Bantul)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mengharapkan peringatan Hari Jadi Ke-190 Kabupaten Bantul dapat menjadi motivasi semua masyarakat agar semakin tangguh melawan dan menanggulangi pandemi COVID-19.

"Harapannya semangat kita di Hari Jadi ini seluruh masyarakat Bantul semakin tangguh, semakin waspada untuk bersama-sama melawan pandemi COVID-19," kata dia dalam rilis Pemkab Bantul pada Peringatan Hari Jadi Ke-190 Kabupaten Bantul yang digelar secara virtual di Bantul, Senin.

Menurut dia, hal itu selaras dengan tema peringatan Hari Jadi Ke-190 yaitu "Bangkit Bersatu Lawan COVID-19 untuk Bantul Lebih Harmonis dan Sejahtera".

Oleh karena itu, ia juga mengajak warga melawan pandemi dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Kira-kira 20 hari lagi kita juga memperingati HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2021, harapannya pada saat kita memperingati kemerdekaan Indonesia, kita juga merdeka dari pandemi COVID-19, supaya masyarakat Bantul ini kembali hidup dengan normal dan produktif," katanya.

Ia mengatakan situasi pandemi COVID-19 saat ini menjadi tantangan semua warga dalam mewujudkan nilai-nilai kejuangan yang dilandasi jiwa dan semangat gotong royong dan kecintaan pada Kabupaten Bantul.

"Karena itu kami sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh tenaga medis dan nonmedis yang bekerja keras dalam melayani masyarakat di tengah pandemi COVID-19," katanya.

Apresiasi juga diberikan Bupati Abdul Halim Muslih kepada Satuan Tugas (Satgas) COVID-19, forkopimda, TNI/Polri, FPRB, linmas, dan semua elemen masyarakat yang dalam situasi seperti ini dengan ikhlas berbuat untuk menolong masyarakat yang memerlukan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam rekaman sambutan, mengajak masyarakat Bantul untuk guyub rukun menghadapi pandemi COVID-19 dengan sabar dan benar-benar menaati protokol kesehatan, karena warga berperan penting dalam upaya menanggulangi penyebaran COVID-19.

Sultan mengatakan Pemerintah DIY memahami apa yang terjadi di masyarakat dari dampak pandemi ini, karena itu berbagai cara ditempuh jajaran pemerintahan, seperti refokusing anggaran baik belanja daerah maupun danais untuk penanganan COVID-19 di DIY.

Data Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul menunjukkan, total kasus positif per Minggu (25/7) sebanyak 37.867 orang, dengan 24.679 orang telah sembuh, kemudian 876 kasus meninggal, sehingga pasien positif yang masih menjalani karantina berjumlah 12.312 orang.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024