Menteri Kelautan minta akademisi mendukung inovasi teknologi kelautan

id Menteri kelautan,Teknologi kelautan

Menteri Kelautan minta akademisi mendukung inovasi teknologi kelautan

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. (ANTARA/HO-KKP/pri.)

Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meminta para akademisi berkontribusi mendukung pengembangan dan penguatan inovasi teknologi bidang kelautan dan perikanan di Tanah Air.

"Hasil-hasil riset menjadi bagian penting dalam proses penemuan teknologi dan inovasi. Karenanya kita mohon bantuan akademisi memikirkan kemajuan teknologi bidang kelautan dan perikanan Indonesia," kata Sakti Wahyu Trenggono saat menyampaikan sambutan dalam webinar Seminar Nasional Perikanan (Semnaskan) UGM XVIII yang diselenggarakan Departemen Perikanan Fakultas Pertanian UGM dipantau di Yogyakarta, Senin.

Trenggono menyampaikan Indonesia saat ini memiliki potensi sumber daya yang besar dan menjadi andalan perekonomian nasional baik di sub sektor perikanan tangkap maupun perikanan budidaya.

Bahkan, sektor ini mampu bertahan saat hantaman krisis moneter pada tahun 1998 dan pandemi COVID-19.

Dengan adanya dukungan riset, inovasi, dan teknologi, ia berharap mampu mendorong produktivitas dan kualitas hasil perikanan lebih optimal serta membantu pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Menurut dia, saat ini ada tiga program terobosan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2021-2024. Kebijakan tersebut diambil dalam rangka melaksanankan program pmbangunan kelautan dan perikanan yang berkelanjutan untuk ksejahteraan.

Terobosan pertama yakni peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sumber daya alam perikanan tangkap untuk peningkatan kesejahteraan nelayan.

"Kedua, pengembangan budidaya untuk peningkatan ekspor yang didukung riset kelautan dan perikanan. Ketiga, pembangunan kampung-kampung perikanan budidaya tawar, payau, dan laut berbasis kearifan lokal," ujar dia.



 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021