Pemkab Gunung Kidul mengusulkan 4.064 usaha mikro peroleh BPUM

id BPUM,Gunung Kidul,usaha mikro

Pemkab Gunung Kidul mengusulkan 4.064 usaha mikro peroleh BPUM

Pelaku UMKM di Gunung Kidul. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengusulkan 4.064 usaha mikro memperoleh Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro atau bantuan langsung tunai.

Staf Seksi Promosi dan Pemasaran Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Gunung Kidul Riyanto mengatakan di Gunung Kidul, Selasa, pada 2021 ini, pihaknya melakukan verifikasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dan terdapat 4.064 usaha mikro yang diusulkan dalam dua tahap yakni April 2021 sebanyak 3.111 usaha mikro, dan Mei-Juni 954 usaha mikro yang layak mendapat Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro atau bantuan langsung tunai.

"Kami tidak menyalurkan bantuan, kami hanya mengusulkan dengan pendaftaran berjenjang. Kami berharap 4.064 usaha mikro lolos untuk mendapat bantuan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro atau bantuan langsung tunai," kata Riyanto.

Ia mengatakan di Gunung Kidul masih banyak UMKM yang layak mendapat bantuan, namun sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, dan hasil verifikasi dan validasi data, hanya 4.064 usaha mikro.

"Setiap UMKM dalam kondisi seperti ini membutuhkan bantuan untuk penguatan modal. Jumlah pendaftar BPUM ribuan, namun setelah diverifikasi jumlahnya menyusut. Bantuan satu tahun anggaran satu kali penerimaan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinkop UKM Gunung Kidul Sih Supriyana mengatakan besaran BPUM 2021 mengalami penurunan 50 persen. Sekarang besarannya Rp 1,2 juta, tahun lalu Rp2,4 juta per penerima. Seluruh Indonesia total ada sekitar 9 juta sasaran penerima BPUM 2021.

"BPUM 2021 diprioritaskan pada mereka yang belum menerima bantuan di 2020. Sesuai instruksi kementerian, sasaran penerima BPUM adalah khusus pengusaha mikro,” kata Sih Supriyana.

Menurutnya, bantuan yang diberikan sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk membantu permodalan pelaku usaha. Diharapkan bermanfaat dan mampu mendongkrak perekonomian di tengah pandemi COVID-19.

"Kami berharap semua UMKM Gunung Kidul yang diusulkan mendapat bantuan," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021