Distribusi BST Mei-Juni di Kota Yogyakarta capai 94 persen

id bantuan sosial tunai,realisasi,yogyakarta

Distribusi BST Mei-Juni di Kota Yogyakarta capai 94 persen

Ilustrasi - Distribusi bantuan sosial tunai untuk keluarga penerima manfaat di Kota Yogyakarta. ANTARA/HO-Humas Pemkot Yogyakarta

Yogyakarta (ANTARA) - Realisasi distribusi bantuan sosial tunai periode Mei-Juni 2021 di Kota Yogyakarta yang sudah didistribusikan pada 21-25 Juli cukup tinggi mencapai sekitar 94 persen.

"Dari laporan yang kami terima, serapan bantuan sosial tunai yang baru saja didistribusikan ke masyarakat mencapai sekitar 94 persen," kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Maryustion Tonang di Yogyakarta, Selasa.

Jumlah total keluarga penerima manfaat di Kota Yogyakarta yang sudah menerima bantuan sosial tunai senilai Rp600.000 per keluarga mencapai 6.724 penerima dari total 7.221 penerima.

Sedangkan sekitar enam persen warga yang belum menerima bantuan, lanjut Maryustion bisa disebabkan berbagai faktor seperti meninggal dunia, tidak lagi layak menerima bantuan, pindah tempat tinggal, termasuk warga yang sedang menjalani isolasi karena terpapar COVID-19.

Namun demikian, ia memastikan, bahwa bantuan sosial tunai untuk warga yang berhalangan hadir untuk mencairkan bantuan karena sedang isolasi mandiri tetap akan diberikan sesuai hak penerima. "Pola distribusinya sedan dikoordinasikan oleh Kantor Pos," katanya.

Distribusi bantuan sosial tunai di Kota Yogyakarta disalurkan melalui kantor pos. Namun demikian, pada periode Mei-Juni 2021 yang bertepatan dengan PPKM, maka penyaluran tidak dipusatkan di kantor pos tetapi dilakukan pola distribusi langsung melalui kelurahan dengan penjadwalan ketat.

"Harapannya, tidak terjadi kerumunan warga yang mengantre untuk mencairkan bantuan di kantor pos karena sudah disebar ke seluruh kelurahan dengan jadwal ketat," katanya.

Warga cukup datang ke kelurahan sesuai domisili penerima dengan membawa berbagai syarat yang dibutuhkan untuk menerima bantuan sosial tunai sekaligus bantuan pangan berupa besar 10 kilogram per penerima.

Bantuan beras tidak hanya ditujukan untuk penerima program BST tetapi juga untuk penerima program keluarga harapan (PKH). Di Kota Yogyakarta, total penerima bantuan pangan tercatat sebanyak 9.488 penerima dan 10.971 dari program PKH.

"Targetnya, distribusi bantuan pangan sudah bisa diselesaikan pada 29 Juli," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021