Realisasi vaksinasi COVID-19 di Gunung Kidul capai 28 persen

id vaksinasi ,Gunung Kidul

Realisasi vaksinasi COVID-19 di Gunung Kidul capai 28 persen

Petugas medis Kabupaten Gunung Kidul melakukan vaksinasi kepada seorang pelaku ekonomi wisata. (ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Realisasi vaksinasi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai 28 persen dari total target 595 ribu sasaran karena rata-rata per hari vaksinasi 3.000-4.000 sasaran.

"Kami saat ini berupaya mempercepat vaksinasi dengan meningkatkan koordinasi dengan TNI dan Polri di Gunung Kidul. Kami juga mengintensifkan vaksinasi kepada pelajar usia 12-18 tahun," kata Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Selasa.

Ia mengatakan capaian tersebut merupakan akumulasi dari sasaran utama vaksinasi, mulai dari tenaga medis, pelayanan publik, lansia, masyarakat umum hingga anak-anak.

Namun demikian, Pemkab Gunung Kidul masih fokus vaksinasi pada usia dewasa hingga pelaku ekonomi.

Dewi juga memastikan stok vaksin masih terus tersedia.

Untuk itu, pihaknya mengintensifkan vaksinasi kawasan wisata hingga mendatangi rumah warga untuk menyuntikkan vaksin atau vaksinasi bergerak supaya ada percepatan vaksinasi.

"Stok vaksin masih ada terus, jadi sebelum habis kita sudah minta (ke Dinas Kesehatan DIY, red.). Setiap hari rata-rata tiga ribu sampai empat ribu orang divaksin. Kami berupaya sebelum akhir tahun, vaksinasi selesai sesuai target," kata Dewi.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul Ali Ridhlo mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi pelajar atau anak-anak, Disdikpora siap berkoordinasi salah satunya menyiapkan sasaran yang akan divaksin.

"Kami mendukung vaksinasi terhadap pelajar, namun pelaksanaannya tetap menjadi wewenang Dinas Kesehatan,” ucap Ali.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024