Prambanan Jazz Festival dihelat secara virtual dan gandeng musisi Kalimantan

id prambanan jazz,prambanan jazz festival,prambanan jazz festival 2021,Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival,jazz

Prambanan Jazz Festival dihelat secara virtual dan gandeng musisi Kalimantan

Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival. (ANTARA/Prambanan Jazz Festival)

Jakarta (ANTARA) - Perhelatan musik tahunan Prambanan Jazz Festival (PJF) siap digelar kembali pada 11-12 September tahun ini secara virtual.

Di tahun ketujuhnya ini, PJF menghadirkan sebuah program spesial bertajuk "Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival".

Program kompetisi musik yang digagas oleh IndiHome, channel I-Konser UseeTV dan PJF ini dimaksudkan untuk mencari musisi terbaik yang berdomisili di Kalimantan untuk tampil di Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 bersama musisi nasional pada perhelatannya nanti.

"Kami menolak menyerah dengan keadaan, dan kami hadir sebagai penanda, bahwa kita tetap harus jalan. Dengan support semuanya, kita bikin suatu program menarik dan menyapa musisi dari Kalimantan lewat Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival," kata Founder Rajawali Indonesia & CEO Prambanan Jazz, Anas Syahrul Alimi, dalam konferensi pers daring, Kamis.



Lebih lanjut, Anas mengatakan kegiatan ini diharapkan akan menjadi ajang kesempatan bagi musisi yang berdomisili di Kalimantan untuk menunjukkan karya mereka kepada khalayak luas pecinta musik di Indonesia.

Nantinya, seluruh musisi/band pendaftar akan dikurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival sehingga akan didapat maksimal 100 band yang diikutsertakan dalam seleksi. Adapun pendaftaran "Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival" sudah dibuka sejak 23 Juli 2021 dan akan berlangsung hingga tanggal 15 Agustus 2021.

Peserta "Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival" adalah musisi/band yang berdomisili di Kalimantan yang sesuai dengan karakter festival musik. Para peserta tersebut diharuskan memiliki minimal 3 karya orisinil berupa video musik/video live session.

Para peserta bisa mendaftar di website www.prambananjazz.com disertai 1 video (video klip/ live session) dan persyaratan lain yang terdapat dalam formular registrasi.

Untuk seleksi awal 1 peserta cukup submit 1 karya. Selanjutnya Promotor akan memilih 20 band/peserta berdasarkan viewers tertinggi dan engagement YouTube (I-Konser Channel) yang akan ditayangkan di I-Konser Channel (Usee TV) guna seleksi selanjutnya.

Sebelum tampil di Prambanan Jazz Festival 2021, para musisi terpilih juga akan diikutsertakan pada acara webinar berupa Bengkel Musik dan talkshow tentang industri musik.

Bakal ada 3 musisi Kalimantan yang akan menjajal panggung Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 dan juga tampil pada beberapa program tayangan channel I-Konser di UseeTV.

Satu musisi akan dipilih langsung oleh promotor, sedangkan dua lainnya akan melalui beberapa tahapan seleksi dan kurasi oleh 3 juri (musisi nasional, promotor, tokoh musik Kalimantan). Info selengkapnya ada di media sosial Prambanan Jazz Festival.

"Dengan adanya ‘Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival’ ini diharapkan akan muncul nama-nama baru dari Pulau Kalimantan yang berkilau di belantika musik Indonesia," kata Anas.

"Tidak hanya Kalimantan, nantinya seluruh daerah di Indonesia juga akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa tampil di Prambanan Jazz Festival selanjutnya , maupun tayangan-tayangan di I-Konser Channel," imbuhnya.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021