DPD PKS-Dinkes Kulon Progo menyelenggarakan vaksinasi massal

id vaksinasi massal,DPD PKS Kulon Progo,Kulon Progo,COVID-19

DPD PKS-Dinkes Kulon Progo menyelenggarakan vaksinasi massal

DPD PKS Kulon Progo melakukan vaksinasi massal yang menyasar 300 sasaran di bekas RSUD Wates, Selasa (10/8). (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 massal yang berlangsung di Gedung RSUD Wates lama.

Ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS Kulon Progo Hamam Cahyadi di Kulon Progo, Selasa, mengatakan hari ini, vaksinasi massal menyasar masyarakat yang belum mendapat vaksinasi.

"DPD PKS Kulon Progo mendapat alokasi vaksin sebanyak 300 dosis. Vaksinasi massal ini merupakan aspirasi masyarakat yang masuk, dan sebagai upaya mendukung Pemkab Kulon Progo melakukan percepatan vaksinasi," kata Hamam.

Ia mengatakan percepatan vaksinasi harus didukung semua pihak, termasuk didalamnya partai politik dan organisasi masyarakat. Saat ini, vaksinasi hanya mengandalkan tenaga kesehatan puskesmas yang jumlahnya terbatas, dan banyak dari mereka yang terpapar COVID-19.

"PKS Kulon Progo sangat mendukung percepatan vaksinasi. Kami sudah menyiapkan tenaga vaksinatornya, vaksin dari Dinas Kesehatan, dan kami kerja sama dengan RSUD Wates dalam penyediaan tempat vaksinasi, yakni gedung bekas RSUD Wates," kata Hamam.

Hamam menambahkan vaksinasi harus secara masif digelar karena Kulon Progo diakui masih tertinggal dari daerah lainnya. Hal ini harusnya jadi pemicu bagi pihak manapun untuk terlibat mencapai target minimal 70 persen warga Kulon Progo sudah divaksin.

"Terutama anak-anak yang harus masuk sekolah, juga harus segera mendapatkan vaksinasi. Kendala yang dihadapi jika dibicarakan, ada solusinya. Kulon Progo harus segera sehat dan tidak ada lagi kasus tinggi," kata Hamam.

Sementara itu, Wakil Ketua I DRPD DIY HudaTri Yudiana mendorong agar vaksinasi bisa digelar di tingkat desa dan kecamatan. "Pelaksanaan vaksinasi harus diselenggarakan di tiap desa dan kecamatan agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan fasilitas vaksin yang merata," kata Huda.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan Pemkab Kulon Progo membuka kesempatan bagi pihak manapun yang ingin mendukung percepatan vaksinasi. Data terakhir menunjukkan, vaksinasi di Kulon Progo masih sedikit jumlahnya.

"Kami berharap sampe akhir September bisa mencapai angka ideal untuk yang sudah divaksin," harapnya.