275 polisi siap amankan pemakaman Raja Pura Mangkunegaran

id 275 polisi siapkan amankan ,pemakaman Raja Pura Mangkunegaran

275 polisi siap amankan pemakaman Raja Pura Mangkunegaran

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak disela pengamanan, di Pura Mangkunegaran Surakarta, Jumat (13/82021) ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

Solo (ANTARA) - Sebanyak 275 personel dari Polres Kota Surakarta telah disiapkan untuk pengamanan acara pemakaman Raja Pura Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro IX yang akan dimakamkan di Astana Girilayu, Matesih Karanganyar, Jawa Tengah, pada Minggu (15/8).

"Kami menurunkan 275 personel untuk melakukan pengamanan selama waktu persemayaman hingga proses pengawalan jenazah menuju ke Astana Girilayu Metesih Karanganyar," kata Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak, di sela pengamanan Pura Mangkunegaran Surakarta, Jumat.

Kapolres dalam kesempatan tersebut mengimbau agar warga masyarakat tidak perlu datang ke Pura Mangkunegaran untuk melayat karena masih masa pandemi COVID-19.



Kombes Pol Ade Safri berharap masyarakat dapat mengirimkan doa dari rumah masing-masing karena nanti yang bisa mengakses Pura Mangkunegaran hanya dari pihak keluarga dan kerabat.

Kapolresta mengatakan pihaknya terkait proses pemakaman telah melakukan koordinasi dengan Pemkab Karanganyar. Sebelum melakukan perjalanan ke Karanganyar, keluarga akan melakukan tradisi di Pura Mangkunegaran selama 15 menit.

"Rombongan pembawa jenazah berangkat dari Jakarta sekitar pukul 11.00 WIB dan diperkirakan tiba di Solo, pukul 17.30 WIB. Bersama keluarga dan Satgas COVID-19, dan sudah disepakati akan memberlakukan satu akses masuk saja menuju Pura Mangkunegaran," kata Kapolres.



Sebelumnya, Raja Keraton Mangkunegaran Surakarta, KGPAA Mangkunagoro IX meninggal dunia, pada Jumat, pukul 02.50 WIB, di kediaman pribadinya di Jakarta.

Raja Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara IX akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Astana Girilayu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (15/8).

Menurut perwakilan staf humas Pura Mangkunegaran Surakarta Joko Pramudyo raja meninggal dunia di Jakarta pada Jumat (13/8) dini hari dalam usia 70 tahun. Pemakaman dilaksanakan pukul 10.00 WIB sesuai dengan adat Mataram.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024