Pekerjaan penggantian pipa PDAM Yogyakarta ditargetkan selesai November 2021

id PDAM Tirtamarta,yogyakarta,pipa,penggantian

Pekerjaan penggantian pipa PDAM Yogyakarta ditargetkan selesai November 2021

Layanan PDAM (Antara Foto/ Arsip)

Yogyakarta (ANTARA) - PDAM Tirtamarta Yogyakarta menargetkan pekerjaan penggantian pipa di Jalan Kusumanegara dari Jembatan Sayidan hingga GL Zoo sepanjang 3,5 kilometer dapat diselesaikan pada November 2021.

“Pekerjaan sudah dimulai dari Jembatan Sayidan menuju ke arah timur untuk penggantian pipa. Targetnya sudah selesai pada November,” kata Direktur Utama PDAM Tirtamarta Yogyakarta Majiya di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, pekerjaan penggantian pipa di Jalan Kusumanegara tersebut merupakan kelanjutan dari pekerjaan sebelumnya yang sudah dilakukan dari simpang Wirobrajan hingga Jembatan Sayidan.

Anggaran yang dialokasikan untuk pekerjaan penggantian pipa tersebut sekitar Rp5,5 milar.

Sama seperti pekerjaan sebelumnya, pipa yang akan digunakan adalah pipa dari jenis high density polyethylene (HDPE) dengan diameter 200 milimeter (mm) yang akan menggantikan pipa asbes.

“Sesuai rekomendasi, pipa yang sebaiknya digunakan untuk kebutuhan air minum adalah dari jenis HDPE dibanding asbes. HDPE juga memiliki usia pemakaian lebih lama, bisa sampai 80 tahun,” katanya.

Penggantian pipa dilakukan sebagai salah satu upaya PDAM Tirtamarta Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan karena akan mengurangi potensi kebocoran.

“Dengan penggantian pipa, maka debit dan tekanan air yang mengalir ke pelanggan akan meningkat. Terlebih, kami pun berupaya untuk terus meningkatkan jumlah pelanggan,” katanya.

Dengan menambah jumlah pelanggan, maka diharapkan jumlah warga di Kota Yogyakarta yang memanfaatkan sumber air bersih dari sumur dangkal bisa berkurang.

“Saat ini, masih ada sekitar 31.000 keluarga di Kota Yogyakarta yang memanfaatkan sumber air bersih dari sumur dangkal. Padahal, kondisi permukiman di Kota Yogyakarta cukup padat,” katanya.

Untuk menarik minat masyarakat menjadi pelanggan, PDAM Tirtamarta pun memberikan berbagi promo yaitu Rp1 juta untuk pemasangan baru. “Program ini sudah berjalan cukup lama dan terus kami pertahankan,” katanya.

Selain itu, di masa pandemi COVID-19, juga diberikan keringanan pembayaran kepada pelanggan dengan nilai keringanan hingga 20 persen.

“Pembayaran pun semakin mudah. Bisa dilakukan secara daring seperti dari BRI atau melalui aplikasi uang elektronik lainnya,” katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024