Bupati Bantul: Kasus COVID-19 turun karena masyarakat disiplin prokes

id Bupati Bantul,covid bantul,tren covid menurun

Bupati Bantul: Kasus COVID-19 turun karena masyarakat disiplin prokes

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mengatakan kasus positif COVID-19 di wilayahnya belakangan mengalami penurunan karena kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Atas kerja keras semuanya dan kedisiplinan masyarakat di dalam menerapkan protokol kesehatan, maka pandemi COVID-19 di Bantul dari hari ke hari sudah menurun secara konsisten," katanya dis ela acara penyerahan bantuan sarana prasarana evakuasi bencana di Bantul, Kamis.

Bupati mengatakan, selain kasus konfirmasi COVID-19 harian yang menurun dari hari ke hari, angka kesembuhan dari virus corona juga makin tinggi, begitu juga angka kematian turun signifikan, sehingga kasus aktif atau pasien positif yang masih isolasi terus berkurang jumlahnya.

"Hal ini menunjukkan bahwa PPKM level 4 yang diberlakukan di Bantul ini menghasilkan suatu dampak yang demikian positif, dampak yang efektif untuk penurunan paparan COVID-19," katanya.

Bupati juga mengatakan, pandemi COVID-19 yang makin terkendali ini juga tidak lepas dari kerja keras semua pihak, baik camat, lurah, dan para relawan yang senantiasa melakukan mitigasi bencana, khususnya dalam penanggulangan COVID-19.

"Sehingga Bantul berhasil menurunkan paparan COVID-19, karena itu saya apresiasi dan penghargaan kepada relawan semua, saya menyaksikan, melihat relawan-relawan di kelurahan telah bekerja sungguh-sungguh tanpa pamrih demi keselamatan kita semua," katanya.

Meski demikian, Bupati selalu mengajak masyarakat bersama memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

Data Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul per hari Rabu (25/8) menunjukkan total kasus positif sebanyak 53.597 orang, dengan telah sembuh 49.045 orang, sementara kasus meninggal berjumlah 1.412 orang, sehingga kasus aktif atau pasien yang masih isolasi berjumlah 3.140 orang.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024