Bimtek Audit Internal Sistem Manajamen BBKB Yogyakarta perkuat daya saing industri

id Bimtek BBKB

Bimtek Audit Internal Sistem Manajamen BBKB Yogyakarta perkuat daya saing industri

Pelaksana tugas Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta Heru Kustanto saat Bimtek secara virtual (Foto Humas Kemenperin)

Yogyakarta (ANTARA) - Bimbingan Teknis Audit Internal Sistem Manajemen Sesuai SNI ISO 19011:2018 untuk sektor industri kerajinan dan batik yang diselenggarakan Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta bertujuan memperkuat daya saing industri tersebut di masa pandemi COVID-19.

"BBKB di Yogyakarta terus berusaha mendorong daya saing industri kerajinan dan batik di masa pandemi, salah satunya dengan menyelenggarakan Bimtek Audit Internal Sistem Manajemen Sesuai SNI ISO 19011:2018," kata Plt. Kepala BBKB Yogyakarta Heru Kustanto dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Menurut dia, bimtek yang diselenggarakan secara virtual melalui media zoom beberapa hari lalu tersebut diikuti sekitar 50 industri dari sektor batik, kerajinan, perhiasan, alat olahraga dan mainan anak yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

"Melalui bimtek ini, saya harap perusahaan akan mendapatkan pedoman dalam mengaudit sistem manajemen, menawarkan pendekatan yang seragam, selaras dan memungkinkan audit yang efektif di berbagai sistem perusahaan," katanya.

ISO 19011:2018 adalah standar internasional yang mengedepankan pedoman untuk audit sistem manajemen. Standar ini berlaku untuk berbagai pengguna, termasuk organisasi yang perlu melakukan audit sistem manajemen internal dan atau eksternal dan mengelola program audit.

"Oleh karena itu, melaksanakan audit terhadap sistem manajemen adalah penting bagi organisasi. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari sistem manajemen dan memastikan peningkatan berkelanjutan serta melaksanakan audit berkala," katanya.
 
Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Doddy Rahadi (Foto Humas Kemenperin)

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Doddy Rahadi mengatakan, di masa pandemi Covid-19, BBKB terus berupaya berkontribusi menyebarkan informasi dan pengetahuan kepada pelaku industri melalui bimtek, talkshow, konsultasi, pelatihan, knowledge sharing secara virtual.

"Bimtek Audit Internal Sistem Manajemen Sesuai SNI ISO 19011:2018 untuk sektor industri kerajinan dan batik ini merupakan rangkaian kegiatan Bimtek Akbar BSKJI dengan tema "Penguatan Industri di Masa Pandemi melalui Standardisasi dan Optimalisasi Teknologi" dari Agustus sampai November 2021," katanya.

Bimtek Akbar BSKJI Kemenperin terdiri empat kegiatan, yaitu Bimtek Audit Internal Sistem Manajemen Sesuai SNI ISO 19011:2018, Bimtek Metode Kalibrasi Peralatan untuk Penjaminan Mutu Produk, dan Bimtek Self-Assessment menuju Sertifikasi Industri Hijau, serta Bimtek Self-Assessment INDI 4.0.

Pada Selasa, 24 Agustus, bimtek secara resmi dibuka Menteri Perindustrian dan diselenggarakan serentak secara nasional oleh 24 Satuan Kerja BSKJI, dan diikuti sekitar 1.800 peserta dengan latar belakang berbagai sektor industri dari seluruh Indonesia.