Fakultas Pertanian UGM membantu alat pencacah ikan KSM Usaha Mulia

id Wakil bupati Sleman ,Wabup Sleman Danang ,Fakultas pertanian ugm,Alat pencacah ikan ,Pencacah daging ikan ,KSM Usaha Mul

Fakultas Pertanian UGM membantu alat pencacah ikan KSM Usaha Mulia

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyerahkan paket makanan bergizi bagi anak-anak di Dusun Kandangsari, Ngaglik bantuan dari Fakultas Pertanian UGM dan KSM Usaha Mulia. Foto ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memberikan bantuan alat pencacah daging ikan dan "vacum sealer" kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Usaha Mulia di Dusun Kandangsari, Kapanewon (Kecamatan) Ngaglik, Kabupaten Sleman, Minggu.

Pada kegiatan yang turut dihadiri Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa tersebut juga diserahkan bantuan 150 paket makanan bergizi bagi anak-anak yang ada di Dusun Kandangsari.

Penyerahan bantuan tersebut merupakan program Peduli Kampung yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian UGM sekaligus menyambut Dies Natalis yang ke-58.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar KSM Mulia dan Keluarga Fakultas Pertanian UGM yang telah berkenan memberikan bantuan berupa paket makanan bergizi hasil budidaya lele bagi masyarakat Kandangsari, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata upaya kita untuk saling bahu membahu dari masyarakat untuk masyarakat," katanya.

Menurut dia, pemberian bantuan paket makanan bergizi ini akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi penerimanya dan juga sangat mendukung program Pemerintah Kabupaten Sleman dalam membudayakan gerakan Gemar Makan Ikan dan mengurangi angka stunting.

"Program ini sejalan dengan program Pemkab Sleman yang terus menggalakkan makan ikan guna pemenuhan asupan makan bergizi. Yang mana kita tahu, ikan memiliki banyak manfaat yang diperlukan oleh tubuh dalam masa pertumbuhan bagi ibu hamil dan anak sehingga dapat mencegah stunting," katanya.

Wakil Dekan Bidang Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama Fakultas Pertanian UGM Dr Sri Nuryani Hidayah Utami mengatakan di samping upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, program ini bertujuan untuk mendekatkan budidaya ikan di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, penyerahan bantuan alat tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan produksi olahan ikan lele di KSM Usaha Mulia.

"Semoga tidak berhenti sampai disini, tempat ini bisa menjadi desa wisata khusus olahan makanan ikan," katanya.

KSM Usaha Mulia didampingi program pemberdayaan masyarakat yang didampingi Fakultas Pertanian UGM. KSM Usaha Mulia binaan Fakultas Pertanian UGM sukses melakukan program pemberdayaaan masyarakat berupa budidaya lele menggunakan buis beton yang tersebar di pekarangan warga.

Selain itu, Fakultas Pertanian UGM juga membina anggota KSM Usaha Mulia untuk mengolah lele menjadi olahan bernilai jual tinggi seperti "frozen food" sempol, cilok, dan empek-empek.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024