Danone Indonesia-TNI AU gelar sentra vaksinasi COVID-19 di Lanud Adisutjipto

id vaksinasi

Danone Indonesia-TNI AU gelar sentra vaksinasi COVID-19 di Lanud Adisutjipto

Peserta vaksinasi COVID-19 di Gedung Serbaguna Lanud Adisutjipto Yogyakarta (ANTARA/HO-Danone)

Yogyakarta (ANTARA) - Danone Indonesia bekerja sama dengan TNI AU, Clandy's Grosir, dan Sonjo (Sambatan Jogja) menggelar sentra vaksinasi COVID-19 di Gedung Serbaguna Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta pada 30-31 Agustus 2021 untuk mendukung percepatan "herd immunity" di Yogyakarta.

"Hal itu mengingat Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang mengalami lonjakan kasus positif COVID-19 dan kematian yang cukup tinggi di Indonesia," kata Komandan Lanud (Danlanud) Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI M Yani Amirullah dalam keterangan tertulis, Selasa.

Pelaksanaan program ini ditujukan kepada anak dan remaja usia 12 tahun ke atas serta masyarakat umum termasuk mereka yang menjadi garda depan perekonomian yang belum mendapatkan vaksinasi.

Yani Amirullah menegaskan, pihaknya terus melakukan percepatan vaksinasi untuk masyarakat termasuk di antaranya program vaksinasi untuk anak usia pelajar dengan rentang umur 12-17 tahun.

"Kegiatan vaksinasi ini merupakan wujud komitmen dan tanggung jawab kami untuk menyukseskan program vaksinasi nasional COVID-19 yang menargetkan 2 juta dosis vaksin per hari di bulan Agustus. Untuk itu kami memberikan vaksinasi kepada masyarakat berusia 12 tahun ke atas, lansia, ibu hamil, dan masyarakat umum," katanya.

Selama masa pandemi, Danone Indonesia bersama berbagai elemen masyarakat dan mitra usaha terus mendukung pemerintah untuk melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 di lebih dari 76 sentra vaksinasi yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Selain mendukung terselenggaranya kegiatan sentra vaksinasi, Danone Indonesia pun turut menyediakan hidrasi bagi tenaga kesehatan dan penerima vaksin serta memberikan kegiatan edukasi seputar nutrisi.

VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menyatakan bahwa Danone di Indonesia memperkuat komitmennya untuk terus berkontribusi dalam mendukung pemerintah untuk memulihkan kesehatan dan ekonomi masyarakat di Indonesia di antaranya melalui program vaksinasi COVID-19.

"Sebagai aset kemajuan bangsa, pendidikan dan kesehatan anak menjadi pilar penting dalam kualitas hidup anak, kemajuan sumber daya manusia (SDM) dan masa depan bangsa," katanya.

Untuk itu, akses terhadap vaksinasi untuk menciptakan "herd immunity" di area Yogyakarta kepada kaum pelajar menjadi sangatlah penting. Tak hanya bagi kaum pelajar, akses vaksinasi ini juga sangatlah penting bagi masyarakat umum khususnya para garda terdepan perekonomian dan masyarakat umum.

"Kita semua harus mengambil peran untuk menjadikan Indonesia Sehat, Ekonomi Bangkit. Hal ini sejalan dengan misi Danone One Planet One Health, kami percaya bahwa kesehatan manusia dan bumi saling terkait satu sama lain. Inilah yang menjadi motivasi kami untuk terus berkontribusi di bidang kesehatan dan lingkungan, khususnya kali ini vaksinasi," ujar Vera.

Menurut dia, sejak tahun lalu hingga saat ini, Danone di Indonesia telah bekerja sama dengan pemerintah, pihak swasta, berbagai lembaga, rumah sakit, dan organisasi sosial untuk menyalurkan bantuan senilai total Rp56 miliar.

"Bantuan berupa berbagai keperluan medis untuk penanggulangan COVID-19 hingga bantuan dalam bentuk penyelenggaraan sentra vaksinasi COVID-19 maupun dukungan donasi alat dan fasilitas kesehatan bagi pihak yang membutuhkan," kata Vera.

Sementara itu, General Manager Clandys Kristanto mengapresiasi kolaborasi untuk sentra vaksinasi di Lanud Adisutjipto. Hal ini sangat berarti bagi Clandys yang bergerak di bidang retail, percepatan vaksin ini akan bisa mendorong terbentuknya "herd immunity" dan diharapkan roda perekonomian di Yogyakarta bisa bergerak kembali.

"Saat PPKM berakhir nanti, semua personel di outlet-outet kami bisa kembali melayani kebutuhan masyarakat, kita harus dukung program pemerintah dan dilakukan secara bersama-sama," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021