Bupati Bantul meninjau vaksinasi COVID-19 di Kampung Batik Giriloyo

id Vaksinasi COVID-19,covid bantul,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Bupati Bantul meninjau vaksinasi COVID-19 di Kampung Batik Giriloyo

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat meninjau vaksinasi COVID-19 massal di Kampung Batik Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul yang digelar Astra Daihatsu Motor bekerja sama dengan Kedaulatan Rakyat. Kamis (9/9/2021) (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih meninjau  vaksinasi COVID-19 massal yang digelar PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bekerja sama dengan Kedaulatan Rakyat di Kampung Batik Giriloyo, Desa Wukirsari, Imogiri, Kabupaten Bantul.

"Pemkab apresiasi atas bakti sosial vaksinasi COVID-19 di kawasan pariwisata UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) andalan kita, yaitu Kampung Batik Giriloyo, tentu ini akan menambah percepatan capaian vaksinasi di Bantul," kata Bupati di sela meninjau vaksinasi di Bantul, Kamis.

Kegiatan bertajuk Vaksinasi Sedulur Daihatsu Yogyakarta 2021 itu menyediakan sebanyak 1.500 dosis tersebut bagi masyarakat umum, khususnya pegiat wisata, pelaku UMKM, pelajar, pegiat kreatif seni dan budaya serta komunitas Daihatsu di Yogyakarta.

"Total sasaran vaksinasi di Bantul sebanyak 836 ribu jiwa, dan sampai hari ini baru tercapai sekitar 48 persen, kalau tidak dibantu dengan organisasi-organisasi, apalagi TNI-Polri tentu Pemkab Bantul tidak mungkin bisa melakukan percepatan vaksinasi secepat ini," katanya.

Meski demikian, kata Bupati, setelah masyarakat mendapat vaksin atau tervaksin, tetap menjalankan protokol kesehatan ketat sesuai anjuran pemerintah, agar pandemi COVID-19 semakin terkendali, karena potensi penularan masih bisa terjadi di masyarakat.

"Kita tidak ingin kasus kembali naik di Bantul, karena itu kita terus menyerukan kepada masyarakat Bantul untuk tetap menerapkan protokol kesehatan utamanya menggunakan masker," katanya.

Bupati mengatakan, ada dua perisai agar terhindar dari penularan COVID-19, yaitu perisai dari luar dengan selalu memakai masker dalam setiap beraktivitas, kemudian perisai dari dalam yaitu vaksinasi sebagai upaya membentuk kekebalan imunitas.

"Dengan vaksinasi akan tercipta herd immunity, atau kekebalan kelompok, dan akhirnya kita makin PD (percaya diri) menerima tamu dari manapun, vaksinasi dan memakai masker ini akan memperkecil kemungkinan kita terpapar COVID-19, karena itu saya terima kasih kepada masyarakat Imogiri atas kesadaran penuh mengikuti vaksinasi ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang ADM Yogyakarta Sigit Suryanto mengatakan, kegiatan vaksinasi massal bekerja sama dengan media dan pemda ini merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam rangka mendukung pemerintah dalam percepatan vaksinasi kepada masyarakat.

"Kita juga akan melakukan vaksinasi massal di empat kabupaten, di Kabupaten Bantul ini yang pertama, besok Kulon Progo, kemudian Sleman dan ditutup di Gunung Kidul, di setiap kabupaten pelaksanaannya satu hari," kata Sigit.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021