Kadin berharap Pemkab Gunung Kidul mrmbantu pasarkan produk lokal

id Gunung Kidul,Produk lokal,pandemi COVID-19

Kadin berharap Pemkab Gunung Kidul mrmbantu pasarkan produk lokal

Produk lokal membutuhkan kebijakan daerah untuk kembali bangkit pada masa pandemi COVID-19. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengharapkan pemerintah kabupaten setempat membantu memasarkan dan mempromosikan produk lokal agar dapat bangkit pada masa pandemi COVID-19.

Ketua Kadin Gunung Kidul Joko Pitoyo di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) terkena dampak cukup berat adanya pandemi COVID-19 ini.

"Melihat kondisi yang ada saat ini, berbagai usaha mengalami penurunan sebagai dampak pandemi COVID-19. Kami membutuhkan semangat dan kerja sama dengan berbagai pihak serta dukungan dari pemkab. Dengan campur tangan pemkab dapat membuat kebijakan yang lebih memihak kepada anggota Kadin sehingga berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakat," kata Joko Pitoyo.

Menurut dia, kebijakan pemkab yang berpihak kepada pelaku usaha lokal dan produk lokal akan memberi peluang bagi anggota Kadin untuk berkontribusi dalam pembangunan karena kapabilitas tidak kalah dengan lainnya.

Hal lain yang disampaikan anggota dari sektor furnitur mengungkapkan hendaknya ada satu kebijakan pemerintah produk jadi, bukan bahan baku mentah. "Dengan adanya kebijakan pemerintah tersebut harapanya dapat memperkuat serapan pasar lokal," katanya.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta mengapresiasi dengan langkah dan upaya yang dilakukan Kadin Gunung Kidul. Pemkab Gunung Kidul melalui Disperindag telah melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk memasarkan produk lokal Gunung Kidul melalui media sosial.

Namun demikian, bupati mengakui kondisi pandemi COVID-19 ini menyebabkan daya beli masyarakat mengalami penurunan. Hal ini berdampak pada permintaan pasar yang cenderung menurun.

"Kami akan berusaha membantu memasarkan produk lokal Gunung Kidul dan mempromosikannya. Semoga pandemi COVID-19 ini segera berakhir, dan perekonomian masyarakat pulih kembali dan daya beli masyarakat kembali baik," harapnya.